(ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, mengatakan, rekomendasi Nahdlatul Ulama (NU) untuk tidak menggunakan kata kafir terhadap umat non-muslim, untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

KH Ma'ruf Amin mengatakan hal itu di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Sabtu, sebelum melakukan kunjungan ke Karawang, Jawa Barat.

Kiai Ma'ruf mengatakan hal itu menanggapi hasil pembahasan Bahtsul Masail Maudluiyah Nahdlatul Ulama yang memutuskan untuk tidak menggunakan kata kafir bagi non-Muslim di Indonesia.

"Ya mungkin supaya kita menjaga keutuhan, sehingga tidak menggunakan kata-kata yang seperti menjauhkan, mendiskriminasikan. Mungkin ada kesepatakan untuk tidak menggunakan istilah itu," katanya.

Kiai Ma'ruf sendiri mengaku, tidak mengikuti langsung Bahtsul Masail tersebut lantaran saat itu dirinya tengah melakukan melakukan safari politik ke beberapa daerah di Jawa Barat, untuk menyerap aspirasi masyarakat. "Saya sendiri tidak ikut sidangnya, karena terus berkeling Jawa Barat," ucap Mustasyar PBNU ini.

Namun, menurut dia, jika para ulama telah sepakat untuk tidak menggunakan istilah kafir bagi non-muslim di Indonesia, berarti hal itu memang diperlukan untuk menjaga keutuhan bangsa.

"Kalau itu sudah disepakati ulama berarti ada hal yang diperlukan pada saat tertentu untuk menjaga keutuhan bangsa, istilah-istilah yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan itu untuk dihindari," jelas Ketua Umum MUI ini.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj menyebutkan, beberapa hasil Bahtsul Masail yang dinilai penting untuk diketahui masyarakat, terutama bagi warga Nahdliyin. Pertama, perihal istilah kafir.

Kiai Said mengatakan, berdasarkan hasil Bahtsul Matsail istilah kafir tak dikenal dalam sistem kewarganegaraan pada suatu negara bangsa. Sebab itu, tak ada istilah kafir bagi warga negara non-Muslim. Dan sebab itu pula, setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di mata konstitusi.

“Istilah kafir berlaku ketika Nabi Muhammad di Makkah untuk menyebut orang-orang penyembah berhala yang tidak memiliki kitab suci, yang tidak memiliki agama yang benar. Tapi, setelah Nabi Muhammad hijrah ke Kota Madinah, tak ada istilah kafir untuk warga negara Madinah yang non-Muslim. Ada tiga suku non-Muslim di sana, tapi tak disebut kafir,” katanya dalam kegiatan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas-Konbes NU) 2019 di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Banjar, Jumat (1/3).
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019