Karawang (ANTARA) - Cawapres Nomor Urut 01, KH Ma`ruf Amin dalam kunjungannya ke Karawang, Jawa Barat, mampir berziarah ke makam Syekh Quro di Komplek Pemakaman Masjid Agung Syekh Quro, di Karawang, Sabtu.

Kiai Ma`ruf beserta rombongan tiba di Masjid Agung Syekh Quro sekitar pukul 15:45 WIB, disambut oleh Kiai NU Karawang, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), penjaga makam, dan lainnya.

Saat itu, cuaca baru saja selesai hujan dan masih banyak genangan air. Kiai Ma`ruf kemudian diantar memasuki masjid dan dari samping terus ke halaman belakang masjid.

Di halaman belakang masjid, ternyata ada komplek pemakaman. Di tembok belakang masjid, tertulis "Pemakaman Masjid Agung Syekh Quro Karawang".

Kiai Ma`ruf beserta istri, Westu Handayani, dipersilakan duduk di kursi yang telah disediakan, sedangkan lainnya duduk bersila di lantai.?

Kemudian dilakukan prosesi ziarah kubur, yang dipimpin oleh penjaga makam. Setelah selesai prosesi ziarah, penjaga makam menceritakan siapa Syek Quro dan bagaimana silsilahnya.

Kiai Ma`ruf Amin, ketika ditanya wartawan, menjelaskan, kunjungannya ke Karawang untuk menghadiri acara "Karawang Bersholawat di Alun-alun Kabupaten Karawang" Sabtu malam.

Sebelum ke acara sholawat, KH Ma`ruf Amin mampir ke Masjid Agung Syekh Quro untuk berziarah ke makam Syek Quro yang ada di halaman belakang masjid itu.

Kiai Ma`ruf menceritakan, berdasarkan cerita dari penjaga makam bahwa Syekh Quro atau Syekh Hasanuddin, adalah pendiri pondok pesantren pertama di Jawa Barat.

Syekh Quro, juga diceritakan konon adalah kakek buyut dari Sultan Banten.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Kiai Ma'ruf: Rekomendasi NU tidak sebut kata kafir untuk jaga keutuhan bangsa

Baca juga: Ma'ruf Amin lanjutkan Safari Politik ke Karawang

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019