Karawang (ANTARA) - Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menyatakan sudah siap menghadapi Debat Capres ketiga yang menampilkan cawapres 01, KH Ma'ruf Amin, dan cawapres 02, Sandiaga Uno, pada 17 Maret mendatang.

"Kalau ditanya soal kesiapan, Insya Allah sudah siap. Saya sudah siap," kata Ma'ruf Amin, menjawab pertanyaan wartawan usai berziarah ke makam Syekh Quro, di Komplek Masjid Agung, Karawang, Jawa Barat, Sabtu.

Menurut Kiai Ma'ruf, Debat Capres ketiga, akan menampilkan tema, soal pendidikan, kesehatan, sosial, tenaga kerja, dan budaya.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Kota Ciamis beberapa hari lalu, Kiai Ma'ruf mengatakan bahwa persiapan debat ketiga ini bersamaan dengan dirinya mengunjungi beberapa daerah.

Di sela-sela waktu tersebut, Mustasyar PBNU ini bakal mendalami materi dan persiapan teknis lainnya. 

Pada kesempatan itu, Kiai Ma'ruf juga menegaskan, posisinya mendampingi calon presiden petahana, dipastikan bakal berbicara perihal keberhasilan pemerintah selama empat tahun belakangan ini. 

Di sisi lain, ia menegaskan, dirinya juga telah menyiapkan sejumlah gagasan untuk menambah manfaat dari program yang sudah dijalankan.

"Menurut saya pemerintah sekarang ini sudah menempatkan landasan secara on the track. Pendidikan dan kesehatan memperoleh perhatian, tenaga kerja baik pelatihannya maupun perlindungan, maupun juga mencari lapangan kerja," kata Mustasyar PBNU itu, pada Kamis (28/2).

Sebelumnya, Kiai Ma'ruf juga sempat berbicara menanggapi pernyataan Sandiaga Uno yang akan bersikap hormat saat berhadapan pada debat nanti. Menurut dia, hal itu tak perlu dilakukan lantaran dia dan Sandiaga statusnya sejajar ketika berada di atas panggung.

Maka ia menilai, Sandiaga bersikap biasa saja dan tak perlu sungkan karena usia dirinya jauh lebih tua.  "Yang penting laksanakan dengan santun, sopan. Bukan hanya Pak Sandi ke saya, saya juga yang tua ke yang muda harus saling menghormati," ujar Kiai Ma'ruf beberapa waktu lalu.

Baca juga: TKN tetap tampilkan Kiai Ma'ruf apa adanya pada Debat Capres ketiga

Baca juga: TKN-BPN sepakati sejumlah hal terkait pelaksanaan debat capres ketiga

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019