Banda Aceh (ANTARA) - Ribuan pelajar mulai taman kanak-kanak(TK) hingga sekolah menengah atas (SMA) antusias menyaksikan atraksi pesawat tempur F-16 serta pertunjukan statis F-16 serta dua helikopter milik TNI.

Atraksi pesawat tempur F-16 dan pertunjukan statis alat tempur tersebut dipusatkan di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Sabtu.

Dalam atraksinya, dua pesawat tempur milik TNI AU tersebut terbang berulang kali di arena pengunjung yang dipadati pelajar dari berbagai sekolah di Aceh Besar dan Banda Aceh.

Selain itu, ada simulasi prajurit TNI AU yang turun menggunakan tali dari helikopter Superpuma serta pendaratan dan penerbangan pesawat hercules di pangkalan udara tersebut.

Komandan Lanud (Danlanud) SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief mengatakan atraksi F-16 dan pertunjukan statis dua helikoper serta satu pesawat tempur F-16 merupakan rangkaian HUT ke-73 TNI AU.

"Ini merupakan kegiatan open base Lanud SIM. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (2/3) hingga Minggu (3/3) dari pagi hingga sore," katanya.

Dia mengatakan, pertunjukan statis atau pameran helikopter dan pesawat tempur tersebut terbuka masyarakat umum. Jadi, pengunjung tidak hanya pelajar, tetapi juga masyarakat umum lainnya.

Danlanud menyatakan, pesawat tempur F-16 berasal dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru, Riau. Sedangkan helikopter superpuma dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Bogor, serta pesawat herkules dari Skadron Udara 32 Lanud SIM.

Kehadiran alat utama sistem persenjataan TNI AU tersebut ke Aceh, selain untuk pameran juga dalam rangka latihan dan patroli wilayah udara di ujung Barat Indonesia.

"Selain pameran pesawat tempur dan helikopter, juga ada kegiatan lainnya seperti bazar pedagang kecil, lomba rangking satu, olahraga santai, lomba foto, dan lainnya," kata Danlanud.*


Baca juga: Lockheed perkenalkan jet tempur baru F-12 untuk India

Baca juga: Monumen pesawat tempur F-5 di Lanud Iswahjudi diresmikan KSAU


 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019