counter

PMI latih TDB kepada korban tsunami

PMI latih TDB kepada korban tsunami

Managing Director Trading & Downstream Triputra Agro Persada Group Sutedjo Halim (keempat kiri) menyerahkan donasi bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda kepada Sekjen PMI Ritola Tasmaya (ketiga kanan) disaksikan Chief of Supply Chain & IT Kirana Megatara Group Hendy Endarwan (kiri), Direktur PT Tiga Daya Digital Indonesia Tjandra Tedja (kedua kiri), Direktur PT Sumber Energi Pangan Johanes Candra (ketiga kiri), Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen TNI (Purn) Sumarsono (kedua kanan) dan Deputy CEO Padang Karunia Group Adrian Sugih (kanan) di Markas PMI Pusat, Jakarta, Senin (14/1/2019). (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Pandegelang, Banten, (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan pelatihan tanggap darurat bencana (TDB) kepada puluhan warga korban tsunami di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandegelang, Banten pada Sabtu, (2/3).

"Pelatihan ini kami berikan tidak hanya kepada korban tsunami saja, tetapi juga untuk relawan desa dari Desa Tunggaljaya dan Kertajaya serta aparat kecamatan," kata Kepala Markas PMI Kota Cilegon Nurwarta Wiguna melalui sambungan telepon, Sabtu.

Pelatihan ini diberikan agar masyarakat dan aparat desa serta kecamatan tangguh dalam menghadapi bencana khususnya penanggulangan korban untuk meminimalisasikan dampaknya.

Selain itu, pada pelatihan ini juga peserta mendapatkan cara melakukan mitigasi, sehingga jika terjadi bencana warga bisa menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Pandegalang merupakan salah satu daerah rawan terjadi bencana seperti tsunami, sehingga kegiatan seperti ini harus rutin dilakukan. Adapun materi yang diberikan seperti diseminasi kepalangmerahan dan community based health & first aid (CBHFA).

Menurutnya, kegiatan ini pun juga bekerjasama dngan PT Chandra Asri Petrochemical sebagai donatur beserta relawan yang digelar di Musholla Al-Asri sekitar hunian sementara di Kampung Palimping.

Sementara Sekretaris Desa Tunggaljay Andi Suandi mengapresiasi langkah PMI yang memberikan pelatihan tersebut khususnya untuk warga yang tujuannya meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana.

"Dengan adanya pelatihan seperti ini warga diharapkan bisa memberikan bantuan pertama jika terjadi bencana untuk meminimalisasikan jumlah korban maupun kerusakan," katanya.

Tidak hanya melakukan pelatihan, PMI juga melakukan penyerahan bantuan secara simbolis pembangunan Musholla Al-Asri di Huntara Kampung Pasirmalang, Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kepada camat sumur Endin Haerudin yang disaksikan Kapolsek Sumur AKP Supardi, Kades Sumberjaya Sri Wahyuni dan Kades Kertajaya Burhan.

"Pada hari ini kami juga menyerahkan bantuan peralatan posyandu di Desa Sumberjaya," kata Sekretaris PMI Cilegon Ujang Samsul.*


Baca juga: Anak-anak korban tsunami terhibur pelawak Narji dan Idan

Baca juga: Narji hibur anak-anak korban tsunami Selat Sunda


 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar