counter

Judo gelar Seleknas persiapan ASEAN Para Games Manila

Judo gelar Seleknas persiapan ASEAN Para Games Manila

Dua atlet Nasional NPC Indonesia saat mengikuti Seleksi Nasional Cabang olahraga judo persiapan APG X 2020 Manila, di gedung Pusat Pengembangan dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (PPRBM) Colomadu Karanganyar, Minggu (3/3/2019). (Antara/Bambang Dwi Marwoto)

Karanganyar (ANTARA) - Puluhan atlet National Paralympic Committee (NPC) dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti seleksi nasional (Seleknas) cabang olahraga judo untuk persiapan pesta olahraga multievent ASEAN Para Games (APG) X 2020 Manila Filipina.

Seleknas judo tersebut dibuka oleh Wakil Bidang Pembinaan Prestasi NPC Indonesia, Rima Ferdianto, yang mewakili Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun, di gedung Pusat Pengembangan dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (PPRBM) Colomadu Karanganyar, Minggu.

Menurut Pelatih Nasional cabang judo NPC Indonesia Seno Hadi, kegiatan Seleknas Cabang Olahraga Judo diikuti 38 atlet baik putra maupun putri dari sembilan provinsi.

Seno Hadi mengatakan daerah yang mengirimkan atletnya untuk persiapan APG X Manila adalah Provinsi Riau, Medan (Sumut), DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Papua, dan Makassar.

"Dari 38 atlet tersebut terdiri dari 33 atlet putra dan lima putri," kata Seno Hadi.

Pada seleknas cabang olahraga judo, kata Seno, dipertandingan 14 nomor untuk bagian putra antara lain 55 kg, 60 kg, 66 kg, 73 kg, 81 kg, 90 kg, dan 100 kg, sedangkan bagian putri 45 kg digabung 48 kg dan 52/57, karena pesertanya sedikit.

"Hasil seleknas NPN Indonesia ini, atlet yang diambil kuotanya sekitar 10 pejudo. Pada seleknas judo juga diikuti sekitar 7 atlet nasional, sedangkan seperta lainnya atlet pendatang baru atau junior," kata Seno.

Seno mengatakan, pada cabang ini peta kekuatan masing-masing negara belum saling mengetahui, karena baru pertama kali akan dipertandingakan di Manila.

Selain itu, NPC Indonesia dalam waktu dekat juga akan mengirimkan empat atlet judonya ke Jepang untuk mengikuti turnamen. Mereka adalah dua putra yakni Ilham (Makassar) akan turun kelas 100 min kg, Rafli (Jabar) 60 kg, sedangkan putrinya Siska (Riau) 78 kg dan Melin (Jabar) 57 kg.

Baca juga: NPC segera siapkan atletnya ke APG Filipina

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar