Konjen ungkap potensi kerja sama ekonomi Darwin-Sulawesi Selatan

Konjen ungkap potensi kerja sama ekonomi Darwin-Sulawesi Selatan

Illustrasi: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (tengah) bersama Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan) mendengarkan penjelasan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Farid Padang (kiri) saat peresmian Makassar New Port tahap I di Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar New Port tahap I yang menggunakan biaya sebesar Rp2,5 triliun tersebut resmi beroperasi dan melakukan ekspor 'direct call' perdana dengan rute Makassar ke Eropa dan Amerika. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

memanfaatkan keberadaan Pelabuhan Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur untuk langsung ke Darwin...
Makassar (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI untuk Darwin Nothern Territory Australia, Dicky Soerjanatamihardja, menemui Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman guna membahas kemungkinan kerja sama antar-wilayah di kedua negara, mengingat Sulawesi Selatan memiliki sejumlah potensi ekonomi untuk dikerjasamakan.

Konjen Dicky  di Makakasar, Sulawesi Selatan, Selasa, mengatakan dirinya sengaja berkunjung ke Makassar bertemu Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi  Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman untuk  membahas beberapa hal, di antaranya terkait keikutsertaan provinsi tersebut pada Arafura Games yang akan dihelat di Darwin, Australia, pada April 2019.

Selain itu juga dibahas kerja sama di bidang pariwisata untuk mendorong sistem operasional antara Tana Toraja dan Toraja Utara dengan Pasar Tori-Tori di Perth, Australia.

"Ketiga adalah memanfaatkan keberadaan Pelabuhan Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur untuk langsung ke Darwin, di luar perjalanan ke Sidney. Tapi kami juga berharap agar pelabuhan Darwin untuk menerima logistik yang datang dari Makassar," katanya.

Australia juga melirik peluang kerja sama pendidikan vokasi guna melihat potensi pasar tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan keahlian.

Sebab, lanjut dia, di Pasar Tori-tori, Perth Australia akan dibuka peluang lebih banyak bagi orang asing yang memiliki standar kualifikasi dan kemampuan, salah satunya di bidang bahasa untuk bekerja di kawasan tersebut. "Sehingga memungkinkan kita lebih banyak mengirimkan tenaga kerja yang punya keahlian untuk bekerja di Australia," ujarnya.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiasi Konsulat RI tersebut. Pemprov Sulsel pun akan mendukung sepenuhnya termasuk dalam kegiatan Arafura Games yang memungkinkan terjalinnya persahabatan dengan wilayah lain.

"Membuka diskusi beberapa pelaku usaha yang akan kami lakukan, potensi-potensi yang ada di Sulsel dan kerja sama yang dibahas antara pengusaha kita dengan pengusaha Australia untuk masalah direct call ini," ujarnya.

Andi Sudirman juga menambahkan direct call port ini sangat penting karena logistik dapat langsung terkirim ke Darwin tanpa ada hambatan lagi.

Baca juga: Menperin sebut IA-CEPA permudah akses bahan baku industri dari Australia

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

RPM Postelsiar akan dukung ekonomi dan iklim investasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar