Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali menerima penghargaan tertinggi nasional dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Pekanbaru, Riau, Selasa.

Penerimaan penghargan tersebut terkait peran aktif tim Pemadam Kebakaran Makassar yang ikut andil dalam penanggulangan bencana seperti di Palu, Sulawesi Tengah pascagempa bumi disertai tsunami September 2018 dan bencana tsunami di Banten.

Penghargaan ini diberikan saat puncak acara HUT 100 tahun Damkar kepada Danny Pomanto sebagai apresiasi kepada karena dinilai telah berperan aktif mengirimkan aparatur pemadam kebakaran dan sarana prasarana dalam penanggulangan bencana di Indonesia

"Saya persembahkan buat semua personel pemadam kebakaran dan semua yang telah bertaruh nyawa untuk melindungi dan menciptakan rasa aman kepada warga khususnya Kota Makassar," katanya melalui siaran persnya, Selasa.

Lanjut dia, pihaknya selalu aktif dengan cepat mengirimkan anggota jika ada daerah lain yang terkena musibah seperti di Palu dan Banten," ujarnya menambahkan. 

Penghargaan tersebut, kata Danny Pomanto, sebagai apresiasi yang didapatkan untuk dipersembahkan kepada petugas pemadam kebakaran atas pengabdiannya melindungi masyarakat dari ancaman kebakaran walau nyawa yang jadi taruhanya.

Dia menuturkan, jika pengabdian seorang personil pemadam kebakaran sangat mulia. Sudah sewajarnya mereka mendapatkan apresiasi. 

Sementara, Sekjen Kemdagri Hadi Prabowo yang mewakili Menteri Dalam Negeri menambahkan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan rapat kerja nasional Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dan SatLinmas.

Kegiatan ini mengangkat tema `Peningkatan Trantibum Linmas melalui optimalisasi peran Damkar, Satpol PP dan SatLinmas guna mensukseskan Pemilu Serentak 2019` dan dihadiri 1.200 peserta dari seluruh Indonesia.

"Kami di Kemendagri menyadari betapa penting dan strategisnya peran Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Satlinmas dalam proses pembangunan daerah melalui penciptaan rasa aman dan perlindungan dari berbagai ancaman," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Ambon terima bantuan mobil Damkar dan ambulance
Baca juga: BPBD Bantul gelar lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran
Baca juga: Pekanbaru tuan rumah peringatan HUT Damkar se-Indonesia

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019