Pamsimas ini merupakan program nasional yang ditularkan ke daerah, kami dukung program ini dalam rangka meningkatkan kesehatan dan pelayanan air besih masyarakat
Koba (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan seluruh warga di daerah itu mendapatkan pelayanan kesehatan dan air bersih dengan mengoptimalisasikan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

"Pamsimas ini merupakan program nasional yang ditularkan ke daerah, kami dukung program ini dalam rangka meningkatkan kesehatan dan pelayanan air besih masyarakat," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Selasa, pada peresmian Pamsimas di Kecamatan Lubuk Besar dalam rangka meningkatkan akses penduduk terhadap air bersih dan kesehatan.

"Pada 2019 kami terus berkomitmen menjalan program ini yang berkolaborasi dengan berbagai pihak, demikian juga dengan sumber dananya," ujarnya.

Ibnu Saleh meminta peran pemerintah desa untuk turut menyukseskan program Pamsimas dengan memprioritaskan dana desa untuk pembangunan Pamsimas.

"Program ini selaras dengan tujuan dan komitmen pemerintah daerah menyediakan layanan dasar air minum dan sanitasi demi tercapainya masyarakat yang sehat," ujarnya.

Ia mengatakan, peresmian Pamsimas di Lubuk Besar merupakan momentum untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat untuk memberikan makna kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan dan air bersih.

"Pemerintah daerah dalam menjalankan program Pamsimas ini tentu berkolaborasi dengan pemerintah pusat karena ini merupakan program nasional yang dilaksanakan secara masif di seluruh daerah di Indonesia," ujarnya. 

Baca juga: Korban banjir Bangka Tengah mulai kesulitan air bersih

Pewarta: Ahmadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019