Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indinesia (FEB UI) meraih juara pertama kategori Business Challange pada ajang kompetisi pajak bergengsi bertajuk "Deloitte Tax Challenge South East Asia" yang diselenggarakan di Eastin Grand Hotel Sathorn, Bangkok, Thailand.

"Kami sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman ini. Kami berharap FEB UI akan mewakili tim Indonesia di DTC SEA di tahun mendatang dan dapat merasakan pengalaman yang saya dan teman-teman rasakan. Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru," kata salah seorang Tim FEB UI Farhan di kampus UI Depok, Rabu.

Tim FEB UI yang tergabung dalam The Four Horsemen ini berhasil unggul dalam kategori group dan Individu setelah berhasil mengerjakan studi kasus berkenaan dengan business challange dengan mengangkat tema "Transfer Pricing Documentation".

Keempat anggota The Four Horsemen adalah Muhammad Farhan Riansyah Putra, Michelle Priscilla, Namira Suniaprita, Nathanael Abednego, yang semuanya merupakan mahasiswa Akuntansi FEB UI angkatan 2015. Dengan kemenangan ini, mereka berhak membawa pulang hadiah sebesar 2.000 dolar AS.

Dalam kompetisi yang berlangsung 28 Februari-1 Maret 2019 tersebut, Tim FEB UI selain meraih prestasi dalam kategori kelompok, juga meraih prestasi dalam kategori individu, yaitu Juara 1 Best Writer.

Kategori ini dimenangkan oleh Gede Sthitaprajna Virananda, yang merupakan mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI Angkatan 2016.

"Untuk presentasinya, saya diminta untuk memberikan analisis dan rekomendasi apakah Kementerian Keuangan RI perlu menyesuaikan regulasi `thin capitalization` dengan rekomendasi dari OECD, di mana aturan rasio yang digunakan adalah rasio `net interest expense to EBITDA` dibanding regulasi Indonesia yang menggunakan rasio `debt to equity`," kata Jana.

Menurut Jana, Deloitte Tax Challenge (DTC) adalah kompetisi pajak yang melatih kemampuan presentasi dan berpikir secara analitis serta terstruktur, tidak hanya terkait konten materi pajak.

DTC merupakan kegiatan rutin yang diadakan dalam rangka mendorong mahasiswa sebagai akademisi untuk berpikir kreatif dan berprestasi.

Setiap tim peserta lomba ditantang untuk mempunyai pengalaman menangani kasus bisnis nyata dengan berbagai kasus investasi, resktrukturisasi, persoalan perpajakan domestik maupun internasional dan sebagainya.

PT Deloitte Konsultan Indonesia merupakan bagian dari Deloitte Touche Tohmatsu Ltd yang merupakan firma kedua terbesar di dunia dalam bidang jasa profesional setelah PricewaterhouseCoopers.

Di Indonesia sendiri, manajemennya berada di bawah Deloitte Southeast Asia Ltd, yang juga membawahi kantor lainnya di Brunei, Guam, Malaysia, Philippines, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Baca juga: UI raih juara umum kompetisi mobil hemat energi 2016
Baca juga: UI raih juara umum ajang GEMASTIK 2016
Baca juga: UPJ raih lima emas di ajang disain internasional

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019