Mereka juga harus menunjukkan lebih banyak lagi jika ingin berada di babak berikutnya
Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur boleh berbangga mencapai perempat final Liga Champions setelah menang agregat 4-0 atas Borussia Dortmund, tetapi mereka harus lebih baik lagi dan fokus menghadapi lawan yang lebih berat di kompetisi Liga Champions, ujar pelatih Mauricio Pochettino pada Selasa waktu setempat.

Tottenham sukses mengalahkan tim Jerman 1-0 di Dortmund meskipun sempat mendapatkan perlawanan sengit dan jika digabung dengan kemenangan 3-0 pada leg pertama mereka di London berarti mereka memastikan tiket delapan besar.

"Bagi saya, untuk pindah ke babak berikutnya atau babak final, bukan hanya hari ini menunjukkan kinerja yang sangat profesional," kata Pochettino kepada wartawan setelah pertandingan.

"Sangat penting untuk berada di perempat final, tetapi mereka juga harus menunjukkan lebih banyak lagi jika ingin berada di babak berikutnya."

"Untuk membangun kemungkinan berada pada tingkatan yang sama dengan klub-klub lainnya, Anda harus selalu memulai dari langkah pertama. Sementara kami berada di tengah atau 70 persen langkah maju."

Spurs bermain efisien dan klinis di pertandingan leg kedua demi menghindari terulangnya kesalahan pahit yang menyebabkan mereka tersisih di tangan Juventus pada babak yang sama tahun lalu.

"Kami sepenuhnya pantas mendapat ini. Kami mencetak empat gol, tidak kebobolan dan ini melawan tim yang berada di puncak Bundesliga dengan pemain hebat."

"Pekerjaan selesai. Saya senang dengan para pemain kami dan untuk para penggemar. Saya pikir sangat penting untuk menang malam ini. Kami sedikit kewalahan di babak pertama tetapi akhirnya bisa berada di perempat final."

"Kami kehilangan lebih banyak peluang yang kami harapkan di babak pertama, tetapi mereka juga mengambil banyak risiko. Ini merupakan pertandingan besar bagi kami dan sangat sulit. Saya merasa sangat bangga."

Dortmund nyaris mencetak gol di akhir babak pertama tetapi kiper Hugo Lloris berulang kali mementahkan serangan Marco Reus, Mario Goetze dan Julian Weigl. Harry Kane kemudian mencetak gol kemenangan untuk Tottenham empat menit setelah babak kedua.

"Itu pertandingan sulit tetapi kami mulai fantastis di babak kedua. Saya pikir pada akhirnya tidak banyak untuk dianalisis dan hanya untuk menikmati bahwa kami berada di perempat final. Seiring dengan Liga Inggris, ini adalah kompetisi yang paling penting, dan kita perlu merasa bangga."

Baca juga: Tundukkan Dortmund 1-0, Tottenham ke perempat final Liga Champions

Baca juga: Dihancurkan Ajax 4-1, Real Madrid tersisih dari Liga Champions



 

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019