Jakarta (ANTARA) - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melibatkan sekitar 250 perusahaan rintisan (startup) digital dalam gelaran Regional Investment Forum (RIF) 2019 yang akan dilaksanakan di Banten, Senin (11/3) mendatang.

Plt. Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM Yuliot dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengatakan pelibatan ratusan startup itu sejalan dengan tema kegiatan yang bertajuk "Indonesia's Digital Drive: Utilizing Digital Technology in Developing Regional and Tourism Investment Opportunities".

"Ada 250 startup yang terlibat dalam kegiatan ini. Nanti akan dibagikan upaya memfasilitasi pengembangan startup, regulasi yang dibutuhkan hingga pengembangan ekosistemnya," katanya.

Direktur Fasilitas Promosi Daerah BKPM Indra Darmawan menjelaskan RIF akan dihadiri oleh sekitar 780 peserta.

Kegiatan itu menampilkan beberapa sesi di antaranya digital startup pitching, One-on-One Meeting antara calon investor dan stakeholder terkait termasuk startup serta seminar nasional untuk membuka wawasan tentang pengaruh dan masa depan ekonomi digital di Indonesia.

Menurut Indra, sesuai dengan tema yang diangkat, kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka mata pemerintah daerah tentang potensi digital ekonomi. Ia menyebut banyak potensi ekonomi digital di daerah yang tidak diketahui oleh pemerintah daerah.

"Jadi tujuannya membuka mata, membuka wawasan dan membuka jaringan," katanya.

Hadir sebagai pembicara pada seminar RIF 2019 yakni Menkominfo Rudiantara, Kepala BKPM Thomas Lembong, Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Ratman, Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, serta Vice President Media and Digital Wiseto Prasetyo Agung. ***1***

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Mahmudah
Copyright © ANTARA 2019