Pengiriman bantuan untuk dua kabupaten yakni Gowa dan Jeneponto. Kedua kabupaten ini menjadi daerah terparah terdampak musibah di awal Februari kemarin
Makassar (ANTARA) - Masyarakat Relawan Indonesia Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) Sulawesi Selatan bersinergi dengan PT Bosowa Marga Nusantara Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) mengirimkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Jeneponto.

Head of Program ACT Sulsel Nur Ali Akbar di Makassar, Rabu, mengatakan bantuan-bantuan yang masuk akan langsung didistribusikan kepada para korban yang terdampak musibah bencana banjir bandang dan longsor beberapa waktu lalu.

"Pengiriman bantuan untuk dua kabupaten yakni Gowa dan Jeneponto. Kedua kabupaten ini menjadi daerah terparah terdampak musibah di awal Februari kemarin," ujarnya.

Ali Akbar mengatakan bantuan yang akan didistribusikan itu setibanya di lokasi, bantuan akan langsung dikoordinasikan kepada relawan ACT – MRI yang telah melakukan penilaian (assessment) terlebih dahulu, sehingga penyaluran bantuan akan tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

"Anggota kami sejak awal bencana sudah turun langsung membantu termasuk mendata dan memverifikasi semua korban-korban bencana. Mereka yang sejak dari awal akan meneruskan bantuan masyarakat itu," katanya.

Pemerintah Kabupaten Gowa yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H Muchlis saat melepas bantuan tersebut di depan Kantor Bupati Gowa mengatakan, bantuan tersebut berasal dari PT Bosowa Marga Nusantara Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) melalui Program Jalan Tol Peduli.

"Sebanyak dua truk bantuan kemanusiaan untuk korban banjir di Kabupaten Gowa dan Jeneponto, alhamdulilah hingga beberapa hari ini banyak sumbangan yang masuk ke pemerintah untuk kemudian kita salurkan kepada korban bencana," katanha.

Muchlis mengatakan bantuan yang dikirimkan berupa bahan pokok atau beras, air mineral, perlengkapan sekolah, dan minyak, serta beberapa kebutuhan lainnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kepeduliannya baik dari segi material maupun non material terhadap kemanusiaan dan terkhusus kepada pihak PT Bosowa Marga Nusantara atas kepeduliannya terhadap korban banjir Kabupaten Gowa dan Jeneponto," ucapnya.

Pelepasan ini juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin Bidol, Direktur Teknis dan Operasional PT Bosowa Marga Nusantara Jalan Tol Seksi Empat Ismail Malliungan, Head of Program ACT Nur Ali Akbar serta regu Tagana Gowa. 
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019