Harus upgrade (meningkatkan kapasitas) diri, kalau tidak mau jadi susah,
Jakarta (ANTARA) - Pendiri GM financial Ligwina Hananto mengatakan pentingnya bagi para perempuan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan guna mendorong peningkatan karir dan kesejahteraan keluarga.

"Harus upgrade (meningkatkan kapasitas) diri, kalau tidak mau jadi susah," kata Ligwina dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu malam.

Ligwina menuturkan dengan level kemampuan yang meningkat, para perempuan dapat berdaya sehingga mampu berdaya saing dalam berbagai lini kehidupan termasuk bisnis dan karir.

Dia mencontohkan para perempuan yang bisa menjajakan produk tertentu seperti olahan pisang dalam bisnisnya, dapat belajar cara pengemasan yang baik untuk meningkatkan daya jual produk.

Dean of Education di Lingkaran Ananda Marrisya Widya menuturkan, menjadi tanggung jawab bersama menyadarkan perempuan Indonesia untuk meningkatkan kapasitas melalui pendidikan baik formal maupun non formal yang dapat meningkatkan keterampilan bekerja.

"Kita harus menyadarkan mereka kenapa  harus belajar, apa pentingnya belajar," tuturnya.

Dia menuturkan penting bagi para angkatan kerja Indonesia termasuk perempuan untuk menguasai satu atau lebih bidang dengan memiliki sertifikat keterampilan.

"Sertifikat sendiri fungsinya untuk menunjukkan dia tidak hanya lulusan universitas yang bagus tetapi juga sudah menerapkan ilmu-ilmu yang didapat dan diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Selain itu, dia juga memotivasi generasi milenial yang akan masuk dalam bonus demografi untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang lebih kompetitif ke depan melalui pembekalan diri dengan segala keterampilan dan wawasan.

"Mereka harus mempersiapkan kompetensi diri untuk bersaing, bagaimana cara mereka berdaya, dan mereka bisa berkompetisi secara sehat," tuturnya.

Menurut dia, generasi milenial dan para perempuan Indonesia sebenarnya harus mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan dan kemajuan industri sehingga ilmu yang dimiliki benar-benar bisa diaplikasikan bahkan ketika menjadi wirausaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.


Baca juga: Menteri Yohana: sudah banyak kemajuan diraih perempuan Indonesia
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019