Pasar telah mengalami kemajuan besar
New York (ANTARA) - Indeks-indeks utama Wall Street turun untuk hari ketiga berturut-turut pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), dengan S&P 500 mencatat penurunan satu hari terbesar dalam sebulan, karena saham-saham kesehatan dan energi merosot serta investor mencari alasan untuk menjual setelah reli kuat di pasar mengawali tahun ini.

Dengan berakhirnya musim laporan laba perusahaan, investor mencari katalis berikutnya untuk menggerakkan pasar, termasuk perjanjian perdagangan potensial antara Amerika Serikat dan China serta data ekonomi, termasuk laporan ketenagakerjaan pada Jumat (8/3).

Optimisme atas kesepakatan perdagangan dan Federal Reserve yang menjadi kurang agresif dalam menaikkan suku bunga telah membantu memicu kenaikan 10,6 persen untuk S&P 500 tahun ini, meskipun reli telah terhenti dalam beberapa hari terakhir.

"Dengan tidak adanya katalis positif, mudah untuk mengambil keuntungan," kata Kepala Strategi Pasar  Ameriprise Financial, David Joy, di Boston. "Saya tidak berpikir aksi harga hari ini adalah indikasi tren. Itu hanya berputar dalam apa yang sekarang hampir tiga minggu bergerak ke samping di pasar."

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 133,17 poin atau 0,52 persen, menjadi berakhir di 25.673,46 poin. Indeks S&P 500 kehilangan 18,2 poin atau 0,65 persen, menjadi ditutup di 2.771,45 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 70,44 poin atau 0,93 persen lebih rendah, menjadi 7.505,92 poin.

"Pasar telah mengalami kemajuan besar," kata Presiden Chase Investment Counsel, Peter Tuz, di Charlottesville, Virginia. "Kamu tidak bisa mengatakan bahwa semuanya murah lagi."

Indeks saham-saham berkapitalisasi kecil Russell 2000 turun 2,0 persen, persentase penurunan satu hari terbesar tahun ini. Dow Jones Transport Average yang diipantau dengan cermat turun 0,5 persen, penurunan hari kesembilan berturut-turut, yang merupakan penurunan beruntun terpanjang sejak Februari 2009.

Investor mengatakan level 2.800 pada S&P 500 telah memberikan resistensi teknis terhadap indeks acuan bergerak lebih tinggi, meskipun indeks telah menembus rata-rata pergerakan 200 hari, level penting lainnya.

"Kami telah mengatasi rintangan besar resistensi, tetapi 2.800 terbukti lebih sulit," kata Joy.

Sektor kesehatan S&P 500 kehilangan 1,5 persen, dengan Pfizer Inc turun 2,4 persen dan Amgen turun 3,0 persen.

Pengunduran diri mendadak komisioner Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS, Scott Gottlieb, meningkatkan ketidakpastian tentang stok biotek dan farmasi di sektor yang telah terguncang oleh potensi penetapan harga obat-obatan dan undang-undang kesehatan lainnya.

Sektor energi turun 1,3 persen karena harga minyak mentah AS jatuh dan saham Exxon Mobil turun 1,1 persen setelah perusahaan minyak mengatakan berencana untuk meningkatkan pengeluaran selama beberapa tahun guna memulihkan produksi minyak dan gasnya yang lesu.

Dalam berita perusahaan lainnya, saham General Electric anjlok 7,9 persen, memperpanjang kerugian dari sehari sebelumnya karena kepala eksekutif konglomerat itu memperingatkan arus kas perusahaan negatif tahun ini.

Dalam laporan "Beige Book" regulernya, The Fed mengatakan melambatnya pertumbuhan global dan penutupan sebagian pemerintah federal selama 35 hari membebani ekonomi AS pada minggu-minggu pertama 2019, tetapi terus tumbuh di tengah pasar tenaga kerja yang masih ketat.

Saham-saham yang menurun melebihi jumlah yang naik, di NYSE dengan rasio 3,02 banding 1; di Nasdaq dengan rasio 3,71 banding 1.

S&P 500 membukukan posisi 14 tertinggi baru dalam 52-minggu dan 5 terendah baru serta Komposit Nasdaq mencatat 22 tertinggi baru dan 35 terendah baru.

Sekitar 7,3 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, sesuai dengan rata-rata harian selama 20 sesi terakhir. Demikian laporan yang dikutip Reuters.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019