Setiap posko utama dilengkapi dengan sarana ambulan dan prasarana lainnya untuk pelayanan kesehatan bagi jamaah
Banjarmasin (ANTARA) - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalimantan Selatan mengerahkan sebanyak 48 personel yang nantinya di tempatkan di Posko-Posko Kesehatan pada acara Haul Ke-14 Guru Sekumpul.

"Setiap posko utama dilengkapi dengan sarana ambulan dan prasarana lainnya untuk pelayanan kesehatan bagi jamaah," kata Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakannya, adapun titik-titik Posko Kesehatan yang langsung di bawah kendali Kabid Dokkes sebagai penanggung jawab pengamanan kesehatan Polda Kalsel untuk Haul Guru Sekumpul tahun ini, di antaranya Posko Kesehatan di Pos Lantas Simpang 4 Sekumpul.

Kemudian, Posko Apotek Bunda Sei Kacang, Posko Jembatan Sei Paring Islamic Center, Posko depan Mushola Al Raudlah, Posko Kesehatan Pos Lantas simpang 4 Banjarbaru dan Posko Simpang 3 Trikora Banjarbaru.

Erwin juga akan dibantu Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Hugeng Imam Santoso Banjarmasin AKBP dr Bambang Pitoyo sebagai ketua pelaksana, Kompol Indarti selaku koordinator dan Sekretaris AKP Agus Suprianto, yang nantinya akan terlibat langsung dalam Pamkes Haul Ke-14 Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar.

Apabila ada keluhan kesehatan, diimbau segera datangi posko kesehatan yang tersebar di 99 titik yang ada di kawasan Sekumpul Martapura.

Di posko itu juga ada beberapa dokter dan paramedis untuk menangani keluhan kesehatan secara cuma-cuma untuk jamaah.

"Kami juga berkoordinasi dengan para relawan untuk bisa mengantarkan jamaah ke posko kesehatan yang memerlukan penanganan medis," katanya.

Acara Haul Ke-14 almarhum KH Zaini Abdul Ghani yang akrab disebut Guru Sekumpul atau Guru Izai akan berlangsung pada Minggu (10/3) .

Diprediksi yang hadir ada sekitar dua juta jamaah dari penjuru Kalimantan hingga berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri akan memadati kawasan Sekumpul di Kota Martapura.

Bagi jamaah yang menempuh perjalanan jauh, tentu menjadi kegiatan yang melelahkan. Saat tubuh berada dalam kondisi tersebut, ancaman terserang penyakit atau mengalami kecelakaan pun lebih besar terjadi.

Untuk itu, Erwin mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan tubuh sebelum dan saat berangkat menghadiri Haul Guru Sekumpul sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Haul Guru Sekumpul dan kesehatan sama-sama pentingnya. Tetapi jika kondisi sakit, tetap saja kesehatan harus diutamakan,” tuturnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019