Angka perdagangan hari ini memperkuat pandangan kami bahwa resesi perdagangan China telah mulai muncul
Beijing (ANTARA) - Ekspor China mencatat penurunan terbesar dalam tiga tahun terakhir pada Februari 2019, sementara impor turun selama tiga bulan berturut-turut, menunjuk perlambatan lebih lanjut dalam ekonomi dan memicu pembicaraan tentang "resesi perdagangan", meskipun ada serangkaian langkah-langkah dukungan.

Ekspor China pada Februari secara mengejutkan anjlok 20,7 persen dari setahun sebelumnya, penurunan terbesar sejak Februari 2016, data bea cukai menunjukkan pada Jumat. Padahal para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan 4,8 persen setelah pada Januari secara tak terduga melonjak 9,1 persen.

"Angka perdagangan hari ini memperkuat pandangan kami bahwa resesi perdagangan China telah mulai muncul," tulis Raymond Yeung, kepala ekonom China di ANZ, dalam sebuah catatan.

Sementara itu, impor China turun 5,2 persen dari setahun sebelumnya, lebih buruk dari perkiraan para analis untuk penurunan 1,4 persen dan melebar dari penurunan 1,5 persen pada Januari. Impor komoditas-komoditas utama jatuh di seluruh papan.

Hal itu meninggalkan negeri Tirai Bambu dengan surplus perdagangan hanya 4,12 miliar dolar AS untuk Februari, jauh lebih kecil dari perkiraan sebesar 26,38 miliar dolar AS.

Ekonomi China memang sudah melambat tahun lalu sebelum ketegangan perdagangan meningkat, sebagian karena pengekangan peraturan pada pinjaman-pinjaman berisiko yang membuat perusahaan-perusahaan menahan investasi.

Bahkan jika kesepakatan perdagangan tercapai, pengekspornya harus bersaing dengan melemahnya permintaan secara global, khususnya di Eropa. Ekspor China ke semua pasar utamanya jatuh secara menyeluruh bulan lalu.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 6,0 hingga 6,5 persen pada 2019, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan pada pembukaan pertemuan tahunan parlemen, Selasa (5/3), target yang lebih rendah daripada yang ditetapkan untuk 2018.

Pertumbuhan aktual tahun lalu melambat menjadi 6,6 persen, dan diperkirakan akan mendingin lebih lanjut menjadi 6,2 persen tahun ini. Banyak analis memperkirakan paruh pertama yang berbatu sebelum kesibukan langkah-langkah stimulus mulai menstabilkan aktivitas sekitar pertengahan tahun.

Perlambatan China dan perang dagang memiliki dampak yang meningkat pada negara-negara dan perusahaan-perusahaan yang bergantung pada perdagangan lainnya di seluruh dunia.

Impor dari Jepang turun 19,3 persen pada Februari dibandingkan dengan sebulan sebelumnya, data bea cukai China menunjukkan.

Pada Kamis (7/3), pembuat chip otomotif Renesas Electronics Corp mengatakan berencana untuk menghentikan produksi di enam pabriknya di Jepang hingga dua bulan tahun ini, karena bersiap untuk perlambatan lebih lanjut dalam permintaan China.

Taiwan melaporkan penurunan ekspor terbesar dalam lebih dari 2,5 tahun pada Jumat, dengan pengiriman ke China turun 10,4 persen. Seperti China, Jepang, dan Korea Selatan, manufaktur teknologi tingginya juga dirugikan oleh penurunan global dalam permintaan elektronik dari chip memori untuk telepon pintar.

Baca juga: Ekspor China Februari anjlok, picu kekhawatiran "resesi perdagangan"

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019