Festival BMW 2019 akan menawarkan berbagai kegiatan wisata budaya asli masyarakat adat Biak
Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor, Papua, menetapkan jadwal kegiatan waktu pelaksanaan ajang festival budaya Biak Munara Wampasi (BMW) VII berlangsung 1-4 Juli 2019.

"Dinas Pariwisata akan mengandeng berbagai OPD, BUMN/BUMD, usaha swasta, serta lintas sektoral, untuk menyemarakan Festival BMW VII tahun 2019," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun di Biak, Papua, Sabtu.

Ia menyebut untuk agenda Festival BMW 2019 di antaranya snap mor (tradisi budaya Biak menangkap ikan di air kering/meti), apen beyeren, kerajinan, perjalanan ke objek wisata, pentas hiburan seni budaya, fotografi serta atraksi parade dan wor seni budaya khas Biak.

Turbey mengatakan Pulau Biak di kawasan Pasifik meyimpan beragam keindahan bawah laut yang memanjakan para penyelam untuk menikmati paronama alam  wilayah itu. Antara lain keindahan yang bisa dinikmati adalah Catalina Wreck, Pulau Wundi, Pulau Rurbas Kecil, Barracuda Point, dan Pulau Owi, kampung wisata Samber Pasi.

"Festival BMW 2019 akan menawarkan berbagai kegiatan wisata budaya asli masyarakat adat Biak. Saya harapkan tahun ini jumlah kunjungan turis manacengara dan wisatawan nusantara akan meningkat," ujarnya.

Menurut dia, Festival BMW yang diselenggarakan tiap tahun telah masuk dalam agenda kegiatan pariwisata nasional yang ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Pada Festival BMW VI yang berlangsung 22-25 Agustus 2018 dan dipusatkan di Kampung Binyeri, Sistrik Yendidori,  berhasil menggerakkan potensi usaha ekonomi masyarakat lokal dan menarik kunjungan ribuan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Pulau Biak.

Baca juga: Paviliun Indonesia di ITB Berlin tarik minat wisatawan mancanegara


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019