Angka tertinggi korban lalu lintas adalah generasi milenial
Jakarta (ANTARA) - Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat optimistis kampanye berkendara melalui Milenial Road Safety Festival (MRSF) mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Polri melalui Direktorat Lalu Lintas dan Satlantas di tingkat Polda maupun polres akhir-akhir ini memang gencar mengkampanyekan keselamatan berlalulintas khususnya untuk generasi muda atau Milenial Road Safety Festival, karena angka tertinggi korban lalu lintas adalah generasi muda," kata Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat saat menghadiri kegiatan Women Cycling Community (WCC) dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di Jakarta, Minggu pagi.

Kampanye itu berlangsung di BMW Motorrad, Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, diikuti ratusan pesepeda termasuk anggota WCC Nirina Zubir, Sigi Wimala, dan Kelly Tandiono

Lebih lanjut data di Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan sejak Januari hingga Maret 2019 jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 1.066 kasus dan mengakibatkan 95 orang meninggal dunia.

"Kebanyakan korban kecelakaan atau 60 persen merupakan generasi milenial. Karenanya melalui kampanye MRSF di seluruh provinsi dan kota kota di Indonesia, Polri ingin mengajak masyarakat menekankan angka kecelakaan dengan mematuhi peraturan lalu lintas," kata Wahyu yang didampingi Wadirlantas AKBP I Made Agus Prasatya.

Made menambahkan, pihaknya menggandeng komunitas WCC untuk ikut mengkampanyekan keselamatan (berkendara) untuk mencegah kaum milenial sebagai korban.

Komunitas WCC itu didominasi kaum ibu rumah tangga yang gemar bersepeda. Made menyatakan bahwa merangkul para ibu rumah tangga bisa menjadi langkah efektif untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan.

"Komunitas ibu-ibu ini paling perhatian dengan masalah-masalah di komunitasnya. Dia akan menyampaikan kepada keluarga dan sanak saudaranya untuk ikut mendeklarasi keselamatan berlalulintas," ujar Made.

Made menyebutkan, para ibu dapat menyosialisasikan kepada anak dan keponakan mereka tentang keselamatan berlalulintas.

"Kami sampaikan banyak loh korban lakalantas dari milenial, jangan sampai anak - anak kita, saudara kita, keponakan kita menjadi korban. Sayang kan gara - gara pakai Hp dalam berkendara jadi korban. Ibu-ibu ini komunitas yang sangat cepat untuk menyebarkan informasi," ujar Made.

WCC merupakan wadah bagi pesepeda perempuan untuk bersepeda bersama yang terbentuk sejak 2015.

Kegiatan kali ini dilaksanakan sebagai salah satu kampanye keselamatan lalu lintas karena banyaknya kecelakaan pesepeda maupun pelanggaran lalulintas lainnya yang terjadi belakangan ini khususnya terjadi di kalangan generasi milenial.

Menurut data statistik Polda Metro Jaya, kecelakaan lalu lintas dari 2014 hingga 2018, generasi yang dominan menjadi korban kecelakaan lalu lintas adalah generasi milenial dengan angka 17.910 korban.

Baca juga: Presiden Jokowi akan hadiri "Millenial Road Safety Festival"

Baca juga: Milenial harus jadi pelopor keselamatan berlalu lintas

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019