Jakarta (ANTARA) - Festival Satu Indonesia, yang menghadirkan sejumlah musisi kenamaan tanah air, digelar untuk mengajak anak-anak muda mengenal politik lewat musik.

Tidak hanya itu, menurut Co-Founder Festival Satu Indonesia Amalia Ayuningtyas, acara itu juga bertujuan membangkitkan optimisme dalam memandang masa depan bangsa.

"Besarnya populasi anak muda khususnya yang akan menjadi pemilih pemula mendorong kami untuk menggelar sebuah acara yang dapat menumbuhkan optimisme agar anak-anak muda sadar betapa pentingnya peran mereka dalam menentukan arah bangsa kita ke depan," kata Amalia, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

White Shoes and The Couples Company, Elephant Kind, Polka Wars, Brisia Jodie, Sandhy Sondoro, Dira Sugandi dan Afgan Syahreza, adalah sederet nama musisi yang dijadwalkan tampil di festival yang digelar di Istora Senayan itu.

Juga turut hadir komika Ernest Prakasa dan Ge Pamungkas yang akan memeriahkan sesi Inspiration Talks bersama Erick Thohir serta Presiden Joko Widodo.

"Dengan menghadirkan performance dari berbagai musisi lintas genre, kami ingin anak muda bisa mengetahui politik melalui musik, bahasa yang sangat universal dan bisa diterima oleh semua orang. Musisi dan narasumber di sesi Inspiration Talks yang kami pilih adalah bagian dari upaya kami agar anak-anak muda mendapat inspirasi sehingga terus menjaga optimismenya," tutur Amalia.

Amalia juga menyampaikan Festival Satu Indonesia ingin mencoba memberikan pengalaman kepada anak muda bagaimana "kampanye" yang positif, kreatif dan menyenangkan.

"Selama ini selalu ada alasan anak muda nggak mau milih. Tapi melalui acara ini anak muda bisa kenal dengan calon presidennya dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan," ujarnya

Salah satu pengisi sesi Inspirasi Talks dalam acara ini, Erick Thohir, menganggap pentingnya gerakan-gerakan positif seperti Festival Satu Indonesia ini untuk berpartisipasi membangun bangsa ke depan.

"Dengan terlibat dalam gerakan sosial-politik yang positif, Indonesia akan maju secara progresif," ujar Erick, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Festival Satu Indonesia diramaikan bazar produk-produk lokal, panggung seni, sesi Inspirasi Talks, Jokowi Bicara, dan akan ada juga diskusi santai bersama Jokowi.

Acara tersebut diprakarsai oleh Amalia dan Singgih Widiyastono. Keduanya adalah pendiri eks Teman Ahok.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019