counter

Sam Altman lengser dari jabatan presiden akselerator Y Combinator

Sam Altman lengser dari jabatan presiden akselerator Y Combinator

Sam Altman, yang sekarang menjabat chairman Y Combinator, perusahaan akselerator startup di Silicon Valley. (ANTARA News/Screenshot video YC)

Jakarta (ANTARA) - Sam Altman lengser dari jabatan presiden Y Combinator (YC), sebuah perusahaan akselerator startup di Silicon Valley, yang membina ribuan perusahaan rintisan.

Tapi Sam masih menjadi petinggi YC dengan menjabat sebagai ketua (chairman), dan perubahan ini memungkinkan ia menghabiskan lebih banyak waktu untuk berfokus pada OpenAI sambil tetap bertanggung jawab bersama mitra, tulis YC dalam pernyataan resminya di blog perusahaan, dikutip Minggu.

YC tidak menyebutkan siapa pengganti Sam, dan mengatakan, karena YC dijalankan sebagai kemitraan, tidak akan ada perubahan operasional yang signifikan menyusul perubahan manajemen tersebut.

Semuanya berjalan baik dalam dua tahun terakhir, dan YC telah meluncurkan Startup School, progam Seri A yang mencakup program YC Growth, Work at a Startup, dan YC China.

Total kapitalisasi pasar perusahaan YC saat ini sekitar 150 miliar dolar (sekitar Rp2,1 triliun). Jaringan YC sekarang memiliki lebih dari 4.000 alumni dan 1.900 perusahaan, serta telah menjadi sumber nasihat, pelanggan, persahabatan, dan dukungan yang dapat diandalkan bagi para pendiri YC.

Sekarang YC menerima lebih dari 12.000 pelamar untuk angkatan musim dingin 2019, meningkat 30 persen dibandingkan musim panas 2018.

"Kami mendanai lebih dari 200 perusahaan dalam angkatan ini," katanya.

Dengan perkembangan pesat itu, YC yang beroperasi untuk menumbuhkan dan mencari pendanaan bagi perusahaan-perusahaan rintisan binaannya itu, dalam waktu dekat juga akan memindahkan operasionalnya.

"Dengan ruang yang lebih besar, kami dapat mengundang lebih banyak investor sehingga perusahaan investasi dapat mengirim lebih banyak orang. Karena perubahan ini, kami harus pindah ke venue baru. Kami telah berbicara selama beberapa waktu tentang pindah ke San Francisco, dan ini sepertinya waktu yang wajar untuk melakukannya," jelas YC.

Melalui Startup School, YC mempunyai program daring gratis untuk mengajari orang-orang cara memulai startup dan memberikan saran dan komunitas. Tahun lalu YC memiliki 10.500 perusahaan yang berpartisipasi.

Baca juga: Tak hanya "unicorn", ini enam tingkatan valuasi startup
Baca juga: "Startup" ini ubah sms sampah jadi bisnis ratusan juta rupiah

Pewarta: Suryanto
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar