Minuman tradisional dan Kopi jadi daya tarik di ITB Berlin

Berlin (ANTARA) - Minuman tradisional Indonesia seperti wedang Wedang uwuh, Bir Mataram, Wedang Jahe, Teh Sereh dan Jakencruk serta kopi Indonesia menarik perhatian dan diminati pengunjung paviliun Indonesia di pameran pariwisata terbesar di dunia ITB Berlin yang berlangsung di gedung Messe Berlin, 6 - 10 Maret 2019. Beberapa tahun lalu cuma sedikit negara yang menampilkan Kopi sebagai daya tarik untuk pengunjung, ujar Dery Juniar, Barista Home Coffee Roastery Solo yang bertugas sebagai Barista menyediakan kopi kepada pengunjung pameran pariwisata terbesar di Eropa ITB Berlin kepada Antara London, Minggu.

Sejak pembukaan pameran paviliun Indonesia mengusung kapal Phinisi dengan pojok kopi nya selalu ramai dikunjungi bahkan mereka mau mengantri untuk mendapatkan secangkir kopi atau merasakan sensasi minuman tradisional Indonesia itu.

Deryl mengakui meskipun tambah banyak negara yang ikut pameran international ITB Berlin dengan menggunakan coffee corner sebagai daya tarik pengunjung. Bahkan barista dari negara tetangga Taiwan dan juga Roaster dari Vietnam dan Kolombia juga yang ingin mencicipi kopi Indonesia.

Berbincang-bincang dengan mereka lebih menarik karena masing-masing tidak ingin menonjolkan kemampuannya tetapi lebih berbagi ilmu mengenai kopi. ”Saya banyak mendapatkan info dari mereka tentang perkembangan kopi dunia dan Indonesia justru tidak kalah dari kopi dunia, ujarnya.

Sementara itu Erwin Perdana Warman yang menyediakan minuman tradisional Indonesia kepada pengunjung juga banyak yang tertarik dengan menyajikan rempah yang menampilkan beberapa diantaranya cukup langka seperti mahkota dewa, manjakani, biji rotan, yang juga menarik mereka adalah daun pandan dengan aroma yang harum dan tidak pernah mereka dapati sebelumnya.

Selain itu juga banyak yang bertanya khasiat dari berbagai macam minuman seperti Wedang uwuh yang dapat menghangatkan badan dan juga Wedang Jahe dan Teh Sereh.

Selain itu minuman tradisional Indonesia juga bisa disajikan dengan beberapa minuman dicampur dengan minuman beralkohol.”Seperti biasa tamu sangat tertarik dengan minuman yang menggunakan base jahe,” ujarnya.

Menurut Erwin Perdana Warman, untuk minuman tradisional kali ini yang dibawa adalah wedang jahe, kunyit asam, jakencruk, kopi tahlil dan teh Rosella dengan bahan dasar jahe sangat disenangi oleh tamu yang datang namun bila disebutkan kegunaan masing-masing minuman juga menjadi hal yang menarik, salah satunya tentang kunyit asam yang mempunyai banyak kegunaan utamanya untuk wanita.

 

 

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019