counter

Pemda Sumbar promosi di ITB Berlin

Pemda Sumbar promosi di ITB Berlin

Bus promosi pariwisata Indonesia di ITB Berlin (istimewa)

Berlin (ANTARA) - Pemerintah daerah Sumatera Barat ikut mempromosikan berbagai objek wisata seperti Mentawai yang selama ini sudah populer di berbagai negara dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, ITB Berlin yang berlangsung  6 hingga 10 Maret 2019. Potensi Sumbar sangat luar biasa dan perlu dipasarkan di Eropa khususnya Jerman, ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian kepada Antara London, saat dijumpai di Paviliun Indonesia ITB Berlin, Minggu.

Diakuinya, keikutsertaan Pemda Sumatera Barat dalam ITB Berlin adalah dalam rangka memperkenalkan Sumbar di pasar Eropa terutama Jerman. “Kedatangan Pemda Sumbar ke Berlin tidak muluk-muluk karena belum tahu para pemain industri pariwisata yang di sini seperti apa,” ujarnya.

Diharapkannya, dengan kehadiran dua industri pariwisata Sumbar di ITB Berlin dapat menjalin dan membangun jejaring dengan industri yang ada di Jerman. Pada akhirnya akan dapat mendatangkan wisatawan dari Eropa khususnya Jeman lebih banyak lagi berlibur ke Sumatera Barat.

Pemda Sumbar juga mempromosikan budaya Sumatera Barat dengan menampilkan seni budaya berupa tari-tarian yang dibawakan lima penari serta kuliner yang ada di Sumbar.

Diakuinya, pariwisata Sumbar mempunyai potensi yang sangat besar khususnya objek wisata di Mentawai, di mana 80 persen wisatawan ke Mentawai untuk berselancar. Wisatawan yang melakukan selancar di Mentawai, 60 persen berasal dari Australia dan 40 persen dari Eropa .

Diakuinya Sumbar sangat kaya akan budaya dan juga kuliner yang cukup dikenal di dunia seperti rendang Padang

Dalam ITB Berlin, Pemda Sumbar mengajak dua industri untuk menjual objek wisata yang ada di Sumatera Barat, seperti Awera Resort yang khusus menjual wisata pulau Mentawai dan Gina Holiday Indonesia.

Direktur Gina Holiday Indonesia, Emmy Said mengatakan meskipun pihaknya baru pertama kalinya mempromosikan Sumbar di ITB Berlin ia optimis akan banyak wisatawan berlibur ke ranah Minang. Apalagi pada sekitar tahun 1990-an banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Sumbar seperti ke Bukittinggi, namun sejak reformasi terus menurun, ujar Emmy Said.

Dengan kehadirannya di ITB Berlin diharapkan Sumbar akan kembali dikenal. “Saya merasa optimis dan yakin suatu saat Sumbar kembali dikenal dan banyak yang akan berlibur di ranah Minang,” ujarnya.

Dalam ITB Berlin Pemda Sumbar juga ikut memeriahkan paviliun Indonesia dengan menampilkan tim kesenian dari Sumatera Barat membawakan Tari Persembahan tanda selamat datang yang dibawakan grup tari Rangkayo Sati Padang Panjang.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar