Palembang (ANTARA) - Sekolah sepak bola Alex Noerdin Football Academy akan mendatangkan pelatih usia muda jebolan klub sepak bola ternama Chelsea dan Barcelona untuk membina dan melatih 50 anak yang terpilih.

Alex Noerdin di Sekayu, Selasa, mengatakan ia sebagai pemilik akademi berkeinginan anak-anak putra daerah Sumsel mendapatkan pembinaan sepak bola berstandar internasional agar bisa berprestasi tingkat nasional hingga dunia.

"Pelatihnya sudah ada, sebentar lagi akan datang," kata Alex.

Sekolah sepak bola Alex Noerdin Football Academy sudah resmi diluncurkan di Sekayu, Senin (11/3),

Sekolah ini akan menampung 50 pemain terbaik yang diseleksi dalam turnamen Alex Noerdin Cup 2019.

Mantan Gubernur Sumsel ini menggaet 35 mantan pemain timnas Indonesia untuk menyeleksi anak-anak usia di bawah 14 tahun pada turnamen tersebut yang digelar di sejumlah kabupaten/kota. Sejauh ini, sudah ada 47 anak yang dinyatakan lolos dari hasil seleksi di 16 kabupaten/kota.

Nantinya, ke-50 anak ini akan mendapatkan kesempatan emas, yakni mengikuti coaching clinic
bersama legenda sepak bola dunia Ronaldinho pada 31 Maret 2019 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

"Saya berharap, upaya ini dapat membangkitkan semangat pembinaan olahraga sepak bola di Sumsel," kata dia.

Menurutnya pembinaan atlet harus dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan. Bahkan pada 2020, Alex berencana mendatangkan Lionel Messi untuk menggelar kegiatan coaching clinic bagi para pesepak bola muda Sumsel.

"Mudah-mudahan dengan upaya ini pada tiga tahun mendatang bakal muncul pemain Sumsel yang bermain di GBK dengan lambang Garuda di dada, membela Indonesia,” kata peraih anugerah tokoh olahraga dari pemerintah ini.
 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019