Jakarta (ANTARA) - Pemerintah akan memberikan pembekalan kepada 16 tim esports sebelum berlaga dalam pertandingan final turnamen Piala Presiden Esports 2019 yang digelar pada 30 dan 31 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

“Jadi, sebelum pertandingan final, semua finalis, ada 16 tim, akan mengikuti bootcamp yang diadakan di Kantor Staf Presiden selama dua hari, yaitu 27 sampai 28 Maret 2019. Di bootcamp itu, para finalis akan mendapat semacam pembekalan,” kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Aditya Syarief dalam konferensi pers Piala Presiden Esports 2019 di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, bootcamp tersebut harus diikuti oleh seluruh finalis karena untuk menjadi seorang atlet esports yang berprestasi, terlebih di kancah internasional, tidak cukup apabila hanya bermodalkan talenta.

“Ada tiga hal lainnya yang juga harus dimiliki oleh atlet esports. Pertama, harus ada jiwa nasionalisme. Kalau ada motivasi untuk membela Tanah Air dan mengharumkan nama bangsa, maka ini akan menjadi energi ekstra bagi atlet saat bertanding,” ujar Aditya.

Kedua, dia menuturkan, yaitu pemahaman mengenai pola hidup sehat serta gizi yang sehat. Atlet esports harus sadar akan pentingnya menjaga kebugaran tubuh agar stamina dan konsentrasi dapat terjaga dengan baik. Kemampuan otak harus didukung oleh badan yang sehat.

“Ketiga, kemampuan mengelola finansial. Gaji atlet esports cukup fantastis. Di usia 20-an, pendapatannya bisa sampai puluhan atau ratusan juta per bulan. Mereka harus pandai mengelola keuangan supaya tidak boros. Lebih baik lagi kalau dijadikan investasi sebagai jaminan masa depan,” tutur Aditya.

Baca juga: Final Piala Presiden Esports 2019 siap digelar

Lebih lanjut, dia mengungkapkan rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam bootcamp tersebut, antara lain pembinaan ideologi Pancasila dan sportivitas dan dedikasi kepada bangsa oleh Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Kemudian, pemahaman mengenai team building esports dan bisnis esports oleh Hartman Harris dan Delwyn, personal development oleh Laksmiari Saraswati Widodo, public speaking oleh Kemal dan healthy lifestyle oleh dr Andi Kurniawan, Sp.KO.

Dalam pelaksanaan bootcamp itu, Kantor Staf Presiden turut bekerja sama dengan sejumlah kementerian, yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Baca juga: Tiket final Piala Presiden Esports 2019 resmi dijual untuk umum
 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019