Jakarta (ANTARA) - Aktris Yoriko Angeline yang berperan sebagai Wati, sahabat Milea, dalam film “Dilan 1991,” mengaku kaget saat mengetahui iklan e-commerce mirip dengan cuplikan adegan dalam film terbarunya itu.

"Iklan Shopee “Dilon 2019” memang mirip dengan film Dilan 1991. Nggak nyangka aja, pelajaran baru, ternyata pembajakan bukan hanya dari orang merekam filmnya tapi dengan dia menjiplak adegannya juga," kata Yoriko Angeline dalam acara bincang-bincang di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Selasa.

Yoriko menilai iklan Shopee itu menyerupai potongan adegan Dilan 1991 karena jaket jins yang dipakai Dilon. Tokoh dalam iklan juga memakai motor serupa dalam film. Bahkan, bentuk huruf pada judul iklan Dilon 2019 juga menyerupai bentuk huruf pada judul film Dilan 1991.

Aktris berusia 16 tahun itu lantas mendukung pihak rumah produksi Max Picture untuk mengirim surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf terkait perlindungan hak cipta film Dilan 1991.

Sementara, Produser Max Pictures Ody Mulya Hidayat yang menggarap Dilan 1990 dan Dilan 1991 mengatakan Shopee secara sengaja melakukan produksi iklan dengan menggunakan atribut dan font tanpa melakukan izin kepada PT Max Kreatif Internasional. Iklan tersebut menjadi bermasalah karena digunakan untuk tujuan komersil penjualan aplikasi belanja online tersebut.

"Iklan itu merugikan kami sebagai pemilik hak cipta Dilan. Kami ingin minta perlindungan dari negara, karena kami berkarya tulus. Kami kaget saat menemukan iklan Shopee itu," kata Ody.

Menurut Ody, bahkan Shopee terang-terangan memutar iklan Dilon 2019 di bioskop sebelum pemutaran film Dilan 1991. "Masalahnya, Shopee bukan sponsor film Dilan. Kok bisa seperti itu?".

"Kalau tidak bertujuan komersil, tidak masalah. Tapi, hal kemiripan dan menjiplak tentu harus dibicarakan," Kata Ody.

Sementara itu, pihak Shoppee belum bersedia memberikan keterangan secara rinci saat dikonfirmasi Antara.

Film Dilan 1991 sedang tayang di sejumlah bioskop di Tanah Air. Sejak ditayangkan pada 27 Februari 2019, film garapan Fajar Bustomi dan Pidi Baiq itu sudah meraih lebih dari 4,5 juta penonton. Film pertamanya, Dilan 1990 mampu meraih 6,2 juta penonton.

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019