Sterilisasi hewan cegah kanker dan tumor pada hewan peliharaan

Sterilisasi hewan cegah kanker dan tumor pada hewan peliharaan

Seorang petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada seekor anjing milik warga. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Sterilisasi juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar tidak menderita berbagai penyakit seperti kanker dan tumor serta mengurangi tingkat stres,
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menerima banyak permintaan dari masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sterilisasi hewan peliharaan selain program vaksinasi rabies yang sudah digelar rutin.

“Setiap kali kami melakukan vaksinasi rabies, banyak masyarakat yang menanyakan apakah ada kegiatan untuk sterilisasi. Kami akan berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk perencanaanya,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta akan berkoordinasi dengan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang kesejahteraan hewan seperti Animal Friend Jogja jika kegiatan tersebut digelar.

Ia menambahkan, sterilisasi hewan peliharaan merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengontrol populasi, terlebih saat ini populasi kucing di Kota Yogyakarta sudah cukup banyak.

Selain itu, sterilisasi juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar tidak menderita berbagai penyakit seperti kanker dan tumor serta mengurangi tingkat stres.

Sementara itu, untuk kegiatan vaksinasi rabies gratis pada tahun ini akan digelar dalam dua tahap. Meskipun Kota Yogyakarta sudah dinyatakan sebagai daerah bebas rabies namun, kegiatan vaksinasi rabies secara gratis tetap harus dilakukan sebagai tindakan pencegahan agar penyakit tersebut tidak kembali muncul.

Tahap pertama digelar sejak 11 Maret hingga 2 Mei 2019 yang dilakukan di kelurahan secara bergiliran. Vaksinasi ini ditujukan untuk anjing, kucing dan kera yang dimiliki warga Kota Yogyakarta.

Jadwal untuk pelaksanaan vaksinasi rabies gratis tersebut dapat diakses melalui beberapa media sosial milik Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Kami lakukan dua tahap. Tahap kedua akan digelar di beberapa kecamatan seperti Kotagede, Gondokusuman, Jetis, Gedongtengen, Tegalrejo, Ngampilan dan Danurejan yang rencananya digelar 24 Juni sampai 7 Agustus,” kata Sugeng.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, lanjutnya antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi bahkan jumlah anjing, kucing dan kera yang mendapat vaksinasi gratis melebihi target yang ditetapkan.

Pada 2018 tercatat sebanyak 610 anjing, 1.258 kucing dan 12 kera yang mendapat vaksin rabies.

“Tahun ini, kami targetkan ada sekitar 2.000 hewan yang mendapat vaksinasi rabies gratis. Pada tahun lalu, banyak warga yang membawa kucing-kucing liar untuk mendapatkan vaksinasi rabies gratis,” katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Satu korban gigitan anjing rabies meninggal dunia

Komentar