Ambon (ANTARA) - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Welly Patty menyatakan tingkat kesadaran Pria di Ambon mengikuti program Keluarga Berencana (KB) mengalami peningkatan.

"Partisipasi laki-laki dalam mengikuti program KB melalui Metode Operasi Pria (MOP) meningkat setiap tahun," katanya di Ambon, Rabu.

Menurut dia, data DPPKB jumlah pria yang mengikuti MOP meningkat setiap tahun yakni di tahun 2017 sebanyak 98 orang dan 2018 meningkat 108 orang.

Berbagai upaya terus dilakukan pihaknya untuk meningkatkan program KB melalui pemakaian kontrasepsi bagi pria.

Sistem jemput bola MOP dilakukan secara berkala dengan melibatkan mobil pelayanan dan dokter yang melakukan operasi. Dalam melakukan operasi, minimal ada tiga akseptor yang melakukan operasi.

Ia menjelaskan, upaya terpenting lainnya adalah mengubah pola pikir masyarakat yang masih konvensional yakni membiarkan urusan KB menjadi urusan wanita.

"Sosialisasi dan penyuluhan kami lakukan secara merata dengan mengimbau para akseptor melalui sistem jemput bola untuk memberikan penyuluhan agar laki-laki mau mengikuti MOP," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga mengajak motivator KB pria Kota Ambon Christian Fobyan Thenu warga Kusu-Kusu untuk menjadi contoh dan teladan dalam kesertaan ber-KB.

Kehadiran motivator KB pria lanjutnya, diharapkan dapat membagi pengalaman kepada masyarakat.

"Motivator KB pria dapat memberikan motivasi yang besar terhadap kesertaan ber-KB pria dengan cara memberikan informasi, memotivasi, dan mengajak sesama pria untuk menjadi peserta KB, khususnya metode vasektomi," kata Welly.

Ditambahkannya, pengetahuan pria tentang kesehatan reproduksi dan KB menjadi fokus penting agar mereka mengetahui dan memahami perannya di dalam keluarga, kesetaraan dan keadilan gender dalam KB dan kesehatan reproduksi harus meningkat.

"Kita harus membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa kesehatan reproduksi bukan hanya tanggung jawab isteri tetapi merupakan tanggung jawab bersama suami dan isteri," tandasnya. 

Baca juga: BKKBN: Pria Sumbar lebih banyak ber-KB
Baca juga: Peserta KB pria Yogyakarta dapat insentif Rp1 juta
Baca juga: Wakil Gubernur DKI ajak para pria ikut KB

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019