counter

Pertahankan Papua bebas polio, Biak berikan vaksin 18 April

Pertahankan Papua bebas polio,  Biak berikan vaksin 18 April

Kabid Pengendalian dan pencegahan penyakit Dinas Kesehatan Biak Numfor Papua Ruslan Epid M.Kes (ANTARA/Muhsidin)

Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua akan memberikan vaksin polio kepada anak-anak usia 0-15 tahun dalam rangka pelaksanaan sub-Pekan Imunisasasi Nasional (PIN) yang berlangsung serentak 18-25 April 2019.

"Pemberian vaksin polio untuk anak dalam upaya mempertahankan Papua bebas polio sejak tahun 2014 hingga sekarang maka setiap anak-anak usia 0-15 tahun harus diberikan vaksin polio,"ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Biak Ruslan Epid di Biak, Rabu.

Ruslan mengatakan sehubungan dengan adanya kejadian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi maka diselenggarakan sub-PIN di Kabupaten Biak Numfor.

Ia mengharapkan para kepala sekolah lembaga pendidikan Paud/TK, SD serta SMP/MTs se-Kabupaten Biak Numfor diharapkan dapat mendukung program sub PIN yang akan diselenggarakan Dinas Kesehatan selama tujuh hari mulai 18-25 April.

Ruslan mengatakan imunisasi vaksin polio bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.

"Agar antibodi tersebut terbentuk, seseorang anak harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan pada 18 April," harapnya.

Berdasarkan data pada tahun 2018 Kabupaten Biak Numfor mendapat penghargaan Kementerian Kesehatan karena berhasil melaksanakan pemberian vaksin Measles Rubela Polio (MRP) untuk mencegah campak, rubella serta polio kepada anak-anak. 

Baca juga: Dana terbatas hambat pelaksanaan imunisasi polio di Yahukimo-Papua
 Baca juga: 56 anak Papua Nugini dapat imunisasi polio di Sota

Pewarta: Muhsidin
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bio Farma ekspor vaksin ke Angola atasi penyakit

Komentar