Medan (ANTARA) - PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I berkerja sama dengan PT. Telkom Indonesia akan membangun aplikasi berbasis digital yang dikenal dengan Integrated Talent Management System (ITMS) dalam upaya merealisasikan komitmen perusahaan untuk mengelola karir dan talenta berbasis digital.

"Aplikasi ITMS ini bertujuan untuk membuat sistem pengelolaan dan kesempatan pengembangan karir pegawai yang sistematis," kata Direktur SDM Pelindo 1 M.Hamied Wijaya di Medan, Rabu.

Ia mengatakan, dalam pengelolaan SDM, Pelindo 1 saat ini tidak lagi menerapkan sistem manual, melainkan bertransformasi kepada sistem digital.

Pembangunan Aplikasi ITMS itu akan membuat sistem pengelolaan karir pegawai yang transparan dan sistem yang memungkinkan karyawan untuk mengelola karir dan pengembangan diri.

"Aplikasi ini juga nantinya akan memudahkan integrasi data talenta ke Kementerian BUMN. Direncanakan aplikasi ini akan diluncurkan 17 Agustus 2019," katanya.

Sementara Steering Committee pembangunan aplikasi ITMS, Deta Septianto, mengatakan dengan adanya aplikasi ITMS itu, pengelolaan talenta akan lebih tertata secara sistematis dan rapi.

Perusahaan dapat dengan mudah mencari dan menentukan bakat-bakat yang unggul dalam suatu bidang pekerjaan.

"Aplikasi ini juga mampu meningkatkan keaktifan pegawai dalam menentukan karirnya dalam perusahaan karena dalam setiap proses tahapan akan ada beberepa penilaian yang diukur sehingga membuat pegawai aktif untuk melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap dirinya," katanya.

Selain itu, Aplikasi ITMS tersebut juga memiliki keunggulan lainnya seperti tata kelola karir yang lebih baik, kemampuan untuk visualisasi dan analisis data perusahaan, dan ITMS memastikan bahwa data dapat di kumpulkan secara baik, sehingga mengurangi kemungkinan perbedaan data.

"Aplikasi ini direncanakan akan diterapkan kepada seluruh pegawai, baik talent dan top talent," katanya. 

Baca juga: Pelindo I resmikan program magang bersertifikat
Baca juga: Pelindo I rampungkan modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019