Cianjur (ANTARA) - Realisasi pendistribusian pupuk bersubsidi di Cianjur, Jawa Barat, setiap bulan mencapai 4.500 ton yang disalurkan ke setiap distributor dan agen  di wilayah tersebut, meskipun saat ini tingkat pemakaian masih rendah.

"Untuk saat ini tingkat pendistribusian pupuk bersubsidi ke seluruh wilayah di Cianjur, setiap harinya sebanyak 150 ton," kata Kepala gudang distribusi PT Kujang, Eko Sanjaya di Cianjur Rabu.

Ia menjelaskan, memasuki musim tanam tingkat pendistribusian pupuk subsidi mampu mencapai 800 ton setiap hari ke berbagai wilayah dimana terdapat agen yang membawahi sejumlah kecamatan di Cianjur.

"Karena belum memasuki musim tanam, saat ini tingkat pendistribusian untuk Cianjur masih berjalan normal. Pendistribusian pupuk subsidi didominasi ke wilayah Cianjur selatan, Cianjur utara dan Cianjur timur," katanya.

Sampai saat ini, tambah dia stok pupuk bersubsidi di gudang pendistribusian dinilai aman hingga musim tanam serentak tahun 2019. Pihaknya mencatat stok pupuk subsidi untuk jenis Urea sebanyak 2.083 ton, NPK 1.889 ton dan pupuk organik mencapai 326 ton.

Untuk menjaga ketersedian pupuk agar tetap aman, pihaknya selalu melakukan croscek secara rutin dan dilaporkan ke pengawas. Bahkan tidak jarang pengawas juga melakukan croscek langsung ke lapangan.

"Petugas gudang secara rutin melakukan pengecekan, namun tidak jarang pengawas juga melakukan pengecekan langsung. Untuk stok pupuk masih aman hingga akhir tahun termasuk stok pupuk nonsubsidi sebanyak 174 ton dengan berbagai jenis pupuk," katanya.

Baca juga: Pupuk Indonesia jamin ketersediaan pupuk bersubsidi di Jabar
Baca juga: Menteri BUMN tinjau stok pupuk bersubsidi di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019