Adapun, (angkutan) motis ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya angka kecelakaan di jalan raya, serta kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019
Madiun (ANTARA) - Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mendukung pelaksanaan program Angkutan Motor Gratis (Motis) yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada angkutan Lebaran tahun 2019.

"Bagi masyarakat yang berminat, pendaftarannya telah dibuka sekarang," ujar Manajer Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, Rabu.

Sesuai jadwal, Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019 akan diselenggarakan mulai 27 Mei-2 Juni 2019 untuk arus mudik dan mulai 8-13 Juni 2019 untuk arus balik (13 hari).

Adapun, kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.392 motor atau total 18.096 selama 13 hari pelaksanaan. Terdapat 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019 tersebut.

Yaitu, lintas utara meliputi relasi Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasarturi. Yang melalui, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi.

Lintas Selatan 1, relasi Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Kutoarjo. Melalui, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo.

Kemudian, Lintas Selatan 2 relasi Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasarturi. Melalui, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Pasarturi.

Untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftar melalui "online" atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang. Waktu pendaftaran angkutan motis dilakukan mulai 12 Maret-25 Mei 2019.

Secara nasional KAI menyediakan total 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar Angkutan Motis, yang terbagi atas arus mudik 32.436 dan arus balik 25.652. Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

Ixfan menambahkan KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis dan melintas di stasiun wilayah Daop 7 Madiun, di antaranya adalah Matarmaja (Pasar Senen-Malang), Brantas (Pasar Senen-Blitar), KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar), Pasundan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng), Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen-Surabaya Gubeng).

Kemudian, Matarmaja Lebaran (Pasar Senen-Malang), Pasundan Lebaran (Kiaracondong-Surabaya Gubeng), Singasari (Pasar Senen-Blitar), Majapahit (Pasar Senen-Malang), dan Logawa (Purwokerto-Jember).

"Adapun, motis ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya angka kecelakaan di jalan raya, serta kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019," katanya. 


Baca juga: Kemenhub-KAI kembali sediakan angkutan motis pada Lebaran 2019
Baca juga: Daop 7 Madiun jual tiket KA bertarif khusus

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019