Cibinong, Jawa Barat (ANTARA) - Pelatih klub PSM Makassar Darije Kalezic mengeluhkan jadwal padat timnya yang harus bertanding empat laga di dua turnamen sepanjang 10 hari.

"Saya tidak tahu ada tim di dunia yang bermain dengan jadwal seperti itu," ujar Kalezic di Stadion Pakansari, Cibinong, Jakarta, Rabu.

Pria yang sudah melatih tujuh tim di berbagai negara sebelum ke PSM itu menyebut, pertandingan padat timnya dapat memengaruhi kondisi fisik para pemainnya.

Hal ini dapat merugikan karena klublah yang yang menanggung dan merasakan risiko cedera pemain, bukan penyelenggara.

"Kami yang harus bertanggung jawab atas kesehatan pemain," tutur Kalezic.

Jadwal yang dikeluhkan oleh pelatih berpaspor Belanda itu adalah laga-laga di rentang waktu 6-16 Maret 2019.

Sepanjang tanggal itu, skuat berjuluk Juku Eja harus melewati tiga pertandingan Grup C Piala Presiden 2019 yaitu kontra Kalteng Putra pada Rabu (6/3), Persipura Jayapura pada Minggu (10/3), PSIS Semarang pada Sabtu (16/3) dan satu laga Piala AFC 2019 menghadapi wakil Laos Lao Toyota pada hari ini, Rabu (13/3).

Untuk mengatasi padatnya jadwal tersebut, PSM memilih hanya menurunkan kesebelasan terbaiknya di Piala AFC 2019.

Hasilnya, mereka tersingkir dari Piala Presiden 2019, di mana mereka banyak memainkan pemain pelapis, setelah kalah dua kali dari dua laga.

Namun, di Piala AFC 2019, PSM sanggup menghancurkan Lao Toyota dengan skor telak 7-3.

"Para pemain yang berlaga hari ini di Piala AFC mayoritas tidak bermain di Piala Presiden sehingga kebugaran mereka 100 persen," tutur Kalezic.

Willem Pluim dan Eero Markkanen mencetak masing-masing dua gol untuk PSM di laga versus Lao Toyota. Pluim menorehkannya di menit ke-12 dan 59, sementara Markkanen di menit ke-61 dan 70.

Tiga gol tambahan lain dicetak oleh Zulham Zamrun (21'), Ferdinand Sinaga (80') dan Marc Klok (85').

Lao Toyota memperkecil kedudukan melalui Kazuo Homma (14', 90') dan Saison Khounsamnan (77').

Hasil ini membuat PSM Makassar sudah meraih empat poin di Piala AFC 2019 dengan catatan satu seri dan sekali menang.

PSM berada pun di posisi kedua klasemen sementara Grup H di bawah klub Filipina Kaya FC-Iloilo yang berpoin sama tetapi unggul selisih gol.

Berikutnya di Grup H Piala AFC 2019, PSM Makassar akan menjamu pemuncak grup Kaya FC-Iloilo di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (2/4). Di hari yang sama, Lao Toyota akan melawan Home United. ***3***

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019