Surabaya (ANTARA) - BTN CLS Knights Indonesia menutup laga kandang terakhir babak reguler kompetisi ASEAN Basketball League (ABL) musim 2018-2019 dengan sempurna, setelah mengalahkan Saigon Heat Vietnam dengan skor tipis 91-90 di GOR Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam.

Pada laga ini, pelatih CLS Knights Brian Rowsom tidak dapat mendampingi timnya, karena mendapat satu kali hukuman dari liga. Koko Heru Setyonugroho yang bertindak sebagai asisten pelatih berhasil mengambil alih tugas sebagai pelatih dengan baik.

Sempat tertinggal 0-7 di awal laga, CLS Knights baru bisa unggul 14-13 di menit ke empat lewat tembakan tiga angka Maxie Esho. Beberapa detik berselang, tuan rumah memperbesar kedudukan 17-13, kali ini Wong Wei Long melepaskan keahliannya dalam urusan tembakan tiga angka.

Meski Saigon Heat sempat menyamakan kedudukan menjadi 17-17, tapi pada akhirnya kuarter pertama ini CLS Knights memimpin dengan selisih satu angka saja, 23-22.

Memasuki pertengahan kuarter kedua, perolehan skor CLS Knights sempat tersendat, sebaliknya lawan justru berbalik unggul 38-33. Darryl Watkins, pemain berpostur tinggi besar milik CLS Knights, akhirnya bisa menyumbangkan angka kembali lewat dua kali tembakan bebas.

Saigon Heat masih bisa memimpin hingga memasuki satu menit waktu tersisa, namun aksi lay up Brandon Jawato di 32 detik tersisa mempertegas kembali keunggulan CLS Knights 47-44, sebelumnya Douglas Herring Jr ikut memberikan dua poin tambahan. Namun, kuarter kedua diakhiri tetap dengan skor tipis 47-46 untuk keunggulan CLS.

Setelah di kuarter ketiga CLS dan Saigon Heat berbagi angka 66-66, pertandingan pada kuarter terakhir berlangsung. Saigon Heat hampir saja mencuri kemenangan ketika sudah memimpin 90-89 jelang laga berakhir, tetapi pemain tuan rumah aksi Douglas Herring jr pada enam detik waktu tersisa sukses membuahkan dua angka penting untuk membawa CLS Knights ke jalur kemenangannya yang ke-14.

Baca juga: CLS Knights amankan tiket playoffs ABL

Secara keseluruhan Douglas Herring jr mencetak 20 poin, tujuh rebound dan empat assist, sementara rekannya Darryl Watkins membukukan 21 poin dan lima rebound, disusul Brandon Jawato (19 poin), Maxie Esho (17), dan Wong Wei Long (14).

Dari kubu Saigon Heat, De Angelo Hamilton menyumbangkan 27 angka untuk timnya, ditambah Kyle Barone dengan 21 angka.

"Pemain saya tidak pernah menyerah meski sempat tertinggal sembilan poin di akhir kuarter keempat. Saat time out di kuarter akhir, saya cuma bilang fokus saja ke 'defense' apapun yang terjadi, nyatanya mereka bisa bangkit dan menang," ujar asisten pelatih CLS Knights Koko Heru Setyonugroho kepada media usai laga.

Setelah ini, Brandon Jawato dan kawan-kawan akan menjalani laga terakhir babak reguler ABL musim ini dengan bertandang ke markas Hongkong Eastern, Jumat (22/3).

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019