counter

Sukses MotoGP 2021 di Mandalika akan beri dampak signifikan bagi ekonomi NTB

Sukses MotoGP 2021 di Mandalika akan beri dampak signifikan bagi ekonomi NTB

Dua pebalap beradu kecepatan di MotoGP. (Antara/Reuters/Ibraheem Al Oma/fik/19)

"Meskipun pelaksanaanya tidak di Mataram, tetapi sebagai ibukota provinsi kita juga harus mempersiapkan diri sebab fasilitas pendukung utama ada di Mataram,"
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan siap mendukung menyukseskan event internasional MotoGP 2021 yang akan dilaksanakan di kawasan Mandalika Kabupaten Lombok Tengah.

"Meskipun pelaksanaanya tidak di Mataram, tetapi sebagai ibukota provinsi kita juga harus mempersiapkan diri sebab fasilitas pendukung utama ada di Mataram," kata Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana di Mataram, Kamis.

Ia menambahkan, terpilihnya kawasan Mandalika sebagai lokasi kegiatan bergensi tersebut menjadi sebuah kebanggan luar biasa bagi masyarakat NTB secara umum.

Kegiatan tersebut, pastinya akan memberikan dampak signifikan terhadap aspek ekonomi dan sosial di daerah ini. Pasalnya, tamu yang akan datang ke NTB dan Mataram khususnya cukup signifikan.

"Karena itu untuk akomodasi seperti hotel akan kita dorong untuk meningkatkan kapasitas, termasuk peningkatan pelayanan," ujarnya.

Peningkatan pelayanan terhadap para tamu ini penting, agar kesan yang akan dibawa oleh para wisatawan dan peserta MotoGP adalah kesan yang baik agar ke depan mereka bisa kembali ke Mataram bersama keluarga, sahabat dan sanak sudara mereka.

Di sisi lain, persiapan dalam bidang infrastruktur dan transportasi juga akan dilaksanakan guna mendukung kelancaran kegiatan internasional tersebut.

"Persiapan masyarakat dalam hal ini juga sangat penting, agar semua masyarakat bisa memberikan dukungan dengan menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing," katanya.

Selain itu, persiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram sebagai daerah rumah sakit rujukan juga perlu dimaksimalkan. Apalagi RSUD Mataram telah membentuk tim "Public Safety Center (PSC) 119 Mataram Emergency Medical Service (MEMS)".

PSC 119 MEMS dibentuk untuk memberikan pelayanan kedaruratan terutama dengan banyaknya potensi bencana di daerah ini. Apalagi, baru-baru ini NTB dilanda gempa bumi hingga 2.000an kali.

PSC 119 sebuah organisasi layanan kedarutan yang tidak berdiri sendiri melainkan merupakan jaringan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, termasuk pemadan kebakaran.

"PSC 119 MEMS RSUD Mataram siap ikut serta terlibat memberikan pelayanan dalam kegiatan MotoGP 2021," ujarnya.

Pewarta: Nirkomala
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Komentar