Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengharapkan pemerintah daerah meningkatkan inftrastruktur  untuk pengembangan pariwisata di daerah itu.

"Jika kendalanya anggaran yang minim, ajukan saja nilai anggaran yang tepat agar DPRD dapat membahasnya untuk disetujui dalam rangka pengembangan sektor pariwisata di daerah ini," ujar Ketua DPRD Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf di Gorontalo, Kamis.

Menurut politisi Partai Golkar itu, infrastruktur sangat penting dan wajib ada dalam menunjang percepatan pengembangan sektor pariwisata, seperti akses jalan, penerangan listrik, penginapan maupun hotel, toilet, air bersih, pasar dan angkutan publik.

"Pemerintah daerah harus serius menyiapkan seluruh insfrastruktur itu agar keinginan mengembangkan sektor pariwisata dapat berhasil," ujarnya.

Seperti yang dilakukan di Desa Deme II, Kecamatan Sulamata Timur, yang menanam instalasi air di laut untuk mengalirkan air bersih ke Pulau Duyonumo sehingga pengunjung mudah memperoleh air bersih di pulau itu.

"Meski instalasinya masih konvensional namun inovasi itu berhasil memperkuat infrastruktur yang diperlukan di objek wisata tersebut," ujarnya.

Ia meyakini, keseriusan pemerintah daerah dalam menyiapkan infrastruktur yang baik dan memadai akan memajukan sektor pariwisata lokal menjadi destinasi nusantara dan dunia dengan cepat.***1***

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019