counter

Formula 1

Duo pebalap Ferrari Vettel, Leclerc "bebas bertarung" di trek

Duo pebalap Ferrari Vettel, Leclerc "bebas bertarung" di trek

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel ketika berada di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Melbourne, Kamis (14/3) Reuters/Edgar Su

Melbourne (ANTARA) - Sebastian Vettel pada Kamis menyatakan bahwa dia dan rekan satu timnya di Ferrari, Charles Leclerc, diberi kebebasan oleh tim untuk bersaing dan tidak ada salah satu pebalap yang diprioritaskan di balapan Formula 1 tahun ini.

Kepala tim Ferrari Mattia Binotto sebelumnya pada awal tahun menyatakan bahwa Vettel, sebagai pebalap juara dunia di tim mereka, akan diberi prioritas lebih dibanding Leclerc pada situasi tertentu di balapan, kemudian dia melakukan klarifiskasi jika kedua pebalap akan bebas bertarung.

"Aku rasa sudah sangat jelas, dan aku kira aku dan Mattia juga sudah membuatnya jelas, kami bebas untuk saling membalap," kata Vettel di Albert Park, Melbourne, seperti dikutip Reuters, Kamis.

"Aku kira Charles akan menunjukkan yang terbaik darinya, untuk membantu tim dan itu berlaku sama untukku," kata pebalap Jerman itu.
Pebalap Ferrari Charles Leclerc ketika berada di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Melbourne, Kamis (14/3) (Reuters/Edgar Su)


Leclerc, yang membalap untuk Sauber tahun lalu, bertukar bangku dengan Kimi Raikkonen.

Pebalap berusia 21 tahun asal Monako itu mengatakan bahwa Binoto juga telah memberitahu dia jika dia bebas untuk bersaing dengan Vettel, walaupun sang pebalap Jerman itu akan diberi prioritas di situasi balapan tertentu.

Leclerc menolak untuk membahas lebih lanjut situasi seperti apa yang dimaksud dan tidak terpengaruh oleh prospek sebagai pebalap kedua di Ferrari.

"Aku masih muda tapi aku sangat yakin jika kalian belajar banyak dari olahraga ini," kata Leclerc.

"Di satu sisi ada banyak hal yang aku bisa pelajari dari Seb khususnya karena dia sangat berpengalaman dan sangat kuat di poin itu."

"Jadi aku punya contoh yang bagus di dekatku," kata Leclerc.

Ferrari, yang menjadi runner-up konstruktor tahun lalu, memetik hasil positif dengan mobil SF90 yang mereka pakai untuk balapan tahun ini ketika tes pramusim.

Ferrari, yang kembali akan menantang Mercedes, terakhir kali menjadi juara konstruktor pada 2008.

Vettel, sang juara dunia empat kali, mengincar kemenangan ketiga kali berturut-turut di Albert Park, seri pembuka F1 musim ini akhir pekan nanti.

Pada tahun lalu, Vettel mencuri gelar juara GP Australia dari Lewis Hamilton (Mercedes) tahun lalu usai diuntungkan ketika pebalap lain sedang berada di bawah virtual safety car.

"Terkait hal itu, kami lebih siap, mobil ini tampak bekerja baik dan tidak ada masalah sampai sekarang," kata Vettel.

"Tentu ketika start, kalian sedikit tegang, kalian tidak tahu sebenarnya kalian di mana, dan kalian tidak akan tahu apa yang akan terjadi," kata dia.

Balapan pembuka F1 2019 di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Melbourne, akan digelar pada Minggu (17/3) pukul 12:10 WIB dan diawali dengan sesi latihan dan kualifikasi pada Jumat dan Sabtu.

Baca juga: Pratinjau - Ferrari siap tebar ancaman ke Mercedes di seri pembuka F1

Baca juga: Horner: Red Bull masih tertinggal jauh dari Mercedes, Ferrari

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar