Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meluncurkan gerakan Nusantara Bertauhid, di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis.

Menurut Cak Imin, gerakan itu sebagai wujud keprihatinan atas dinamika sosial dan politik yang terjadi di Tanah Air saat ini, terutama menjelang Pemilu 17 April 2019.

"Gerakan Nusantara Bertauhid adalah gerakan moral keagamaan yang kami rumuskan sebagai tanggung jawab kami atas situasi mutakhir bangsa, di mana sesama umat muslim maupun antara umat beragama dibuat renggang dan diadu-domba oleh fitnah dan hoaks media sosial yang terstruktur masif. Kami prihatin," katanya.

Wakil Ketua MPR ini mengatakan, sendi-sendi kehidupan kebangsaan, kenegaraan, dan kemasyarakatan mengalami berbagai ujian yang tidak ringan.

"Ancaman hoaks radikalisme, terorisme, kesenjangan ekonomi dan sosial, pudarnya nilai keagamaan, pergaulan bebas, narkoba, LGBT, perilaku menang sendiri makin menambah berat perjuangan mewujudkan negara sejahtera dan makmur lahir batin," ujarnya.

Namun, lanjut Cak Imin, masyarakat tak boleh menyerah. Tak boleh membiarkan ketidakberesan ini terus terjadi. Bangsa ini harus bersama-sama membenahi segala masalah dengan kerja keras dan berjibaku mengerahkan segala daya upaya disertai doa kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia.

"Kita harus optimis pemilu akan terlaksana dengan damai. Umat harus tetap bersatu dalam dukungan yang berbeda. Umat harus tetap akur dalam perbedaan pilihan. Dengan membaca Al Quran dan bershalawat, yakinlah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa akan memberikan pertolongannya kepada bangsa Indonesia," ucapnya.

Cak Imin pun mengajak seluruh umat Islam di Indonesia bergabung dan berpartisipasi membaca dan mengkhatamkan Al Quran serta bershalawat secara serentak dalam gerakan Nusantara Bertauhid yang akan dilaksanakan pada 14 Maret-14 April 2019.

Acara ini akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia bersama para ulama, kiai, hafiz, qori serta santri dan masyarakat umum.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal DPP PKB, M Hanif Dhakiri, mengatakan, dengan Nusantara Bertauhid, PKB mengajak kepada seluruh komponen bangsa, terutama umat Islam melakukan upaya batin untuk menjaga ketauhidan dan persatuan.

"Berdoa agar bangsa Indonesia selalu bersatu dalam ukhuwah islamiyah (persaudaraan antarumat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama warga bangsa) dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia)," kata Hanif Dhakiri.

Gerakan Nusantara Bertauhid, lanjutnya, juga dimaksudkan agar Pemilu 17 April 2019 berlangsung aman, damai, jujur, serta menghasilkan pemimpin yang memberikan kerja nyata bagi seluruh bangsa Indonesia.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019