Kalau tidak sempat ke perpustakaan Provinsi Jambi atau perpustakaan kabupaten/kota, bisa mengunjungi e-book Perpustakaan Provinsi Jambi
Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Fachrori Umar menerima anugerah penghargaan Perpustakaan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diserahkan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan di Aula Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan kepada pemimpin daerah yang memberikan perhatian dan berkomitmen dalam pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di wilayahnya, dimana Gubernur Jambi telah menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pengembangan perpustakaan umum di wilayahnya.

Dari keterangan pers yang disampaikan bidang Humas Pemprov Jambi, hanya ada dua gubernur dari 34 provinsi se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan perpustakaan tersebut, yakni Gubernur Jambi dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan dari Pemerintah kabupaten/kota hanya Wali Kota Surabaya yang dianugerahi penghargaan tersebut.

Usai menerima penghargaan, Fachrori mengapresiasi penghargaan perpustakaan yang dianugerahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan berharap penghargaan itu menjadi pemacu, penambah semangat untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi dalam pembangunan bidang perpustakaan.

"Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan, berarti kita dinilai baik. Namun kita harus terus meningkatkan kinerja kita," ujar Fachrori.

Ke depan katanya akan terus diupayakan peningkatan pembangunan perpustakaan, baik dari sisi pustakawan dan sumber daya manusia yang mengelola perpustakaan, koleksi buku, jenis buku, maupun gedung perpustakaan.

Fachrori juga mengimbau masyarakat Provinsi Jambi supaya gemar membaca buku-buku yang bermanfaat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, H Syamsurizal mengapresiasi kehadiran Gubernur Jambi dalam Rakornas Perpustakaan tersebut.

"Dengan kehadiran bapak Gubernur akan memperkuat jaringan koordinasi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat," kata Syamsurizal.

Dia juga mengapresiasi perhatian Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Jambi dalam pembangunan bidang perpustakaan, yang mana pada tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019 telah banyak perhatian dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Jambi.

Syamsurizal menjelaskan, salah satu program unggulan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi untuk tahun 2019 adalah mempersiapkan perpustakaan digital (e-book dan e-library), buku dalam bentuk digital, sehingga masyarakat lebih banyak yang mengunjungi perpustakaan melalui handphone dan e-book termasuk bagian dari upaya meningkatkan minat baca di Provinsi Jambi.

"Kalau tidak sempat ke perpustakaan Provinsi Jambi atau perpustakaan kabupaten/kota, bisa mengunjungi e-book Perpustakaan Provinsi Jambi. Sekarang sedang berproses. Insya Allah triwulan II tahun 2019 sudah mulai dan di hari kunjung perpustakaan kami akan meluncurkan e-book di Provinsi Jambi," kata Syamsurizal menjelaskan.

Baca juga: Perpusnas Berikan Penghargaan pada Tokoh Masyarakat dan Pers

Baca juga: Sejumlah Tokoh Masyarakat Dapat Penghargaan dari Perpusnas

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019