Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol cepat dicetak penyerang Eintracht Frankfurt, Luka Jovic, menyokong kemenangan timnya atas tuan rumah Inter Milan dengan skor 1-0 di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, Jumat pagi WIB.

Gol yang dicetak Jovic pada menit kelima sekaligus mengantarkan Frankfurt melangkah ke perempat final melewati Inter dengan skor agregat 1-0, demikian catatan laman resmi UEFA.

Frankfurt sekaligus menjadi satu-satunya klub Jerman yang bertahan di kompetisi antarklub Eropa hingga saat ini, setelah di Liga Champions tiga wakil mereka Borussia Dortmund, Bayern Muenchen dan Schalke 04 disingkirkan lawan masing-masing di putaran 16 besar.

Jovic dkk sebetulnya tiba di Giuseppe Meazza dengan kebutuhan hasil imbang disertai gol tandang untuk bisa lolos ke perempat final, namun sejak tendangan mula mereka malah menekan tuan rumah.

Sayangnya peluang pertama Frankfurt lewat tembakan jarak jauh Mijat Gacinovic pada menit keempat berhasil dihalau kiper Samir Handanovic di sudut bawah gawang, dan bola muntah yang berusaha disambar oleh Sebastian Haller malah membentur mistar gawang.

Akan tetapi hal itu tak membuat Frankfurt berkecil hati, sebab dalam serangan berikutnya mereka sukses memaksa pertahanan Inter melakukan blunder.

Bek Stefan de Vrij berusaha menghalau umpan jauh Frankfurt, namun bola sundulannya kepada Handanovic berhasil direbut oleh Jovic. Handanovic yang meninggalkan sarangnya untuk menghalau peluang malah mendapati bola diangkat oleh Jovic di atas kepalanya demi melesat ke sudut kiri atas gawang memberi keunggulan bagi tim tamu.

Frankfrut terus menekan Inter dan pada menit ke-27 Haller berhasil menyarangkan bola ke gawang tuan rumah, namun golnya dianulir karena ia berada dalam posisi offside ketika Danny Da Costa melepaskan umpan silang.

Enam menit jelang babak pertama usai Gacinovic melakukan aksi giringan dari tengah lapangan sembari melewati hadangan Borja Valero dan melepaskan tembakan keras yang lagi-lagi digagalkan Handanovic.

Handanovic kembali sukses menggagalkan peluang yang dimiliki Frankfurt pada menit ke-55 dengan menghalau tembakan Haller di tiang dekat dan juga pada menit ke-64 saat mengamankan peluang Filip Kostic.

Inter yang meski banyak memiliki bola tak efektif membangun serangan memperoleh peluang pada menit ke-72 saat Ivan Perisic menyodorkan umpan yang sayangnya diselesaikan dengan tendangan yang melenceng tipis dari tiang jauh oleh Milan Skriniar.

Pada masa injury time, tim tamu memperoleh dua peluang berbahaya lewat tandukan Jovic yang melebar dan tendangan bebas Kostic yang diselamatkan Handanovic.

Pun demikian, kemenangan tipis 1-0 cukup bagi Frankfurt untuk melenggang ke perempat final menyingkirkan Inter.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Inter Milan (4-2-3-1): Samir Handanovic; Danilo D'Ambrosio, Stefan de Vrij, Milan Skriniar, Cedric Soares (Andrea Ranocchia); Matias Vecino, Borja Valero; Antonio Candreva, Matteo Politano (Davide Merola), Ivan Perisic; Keita Balde Diao
Pelatih: Luciano Spalletti

Eintracht Frankfurt (3-1-4-2): Kevin Trapp; Martin Hinteregger, Makoto Hasebe, Obite N'Dicka; Jetro Willems (Marc Stendera); Danny Da Costa, Sebastian Rode, Mijat Gacinovic (Jonathan de Guzman), Filip Kostic; Sebastian Haller, Luka Jovic
Pelatih: Adi Huetter

Baca juga: Menang 3-0, Arsenal singkirkan Rennes

Baca juga: Napoli tetap lolos meski kalah 1-3 di kandang Salzburg

Baca juga: Hancurkan Kiev 5-0, Chelsea melenggang mulus ke perempat final

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019