counter

NBA

NBA imbau klub agar penonton mereka bersikap saling menghormati

NBA imbau klub agar penonton mereka bersikap saling menghormati

Liga Bola Basket Amerika, NBA. (istimewa)

Siapa pun berhak untuk mendapatkan kesempatan menikmati pertandingan dalam suasana positif dan aman
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Bola Basket AS (NBA) mengimbau agar seluruh 30 klub anggota, memberikan layanan pengumuman yang akan mengingatkan pendukung mereka untuk memperlihatkan sikap saling menghormati.

Melalui surat yang dikirim ke seluruh klub, Kamis (Jumat WIB), pihak NBA meminta agar yang lebih ditekankan adalah "pentingnya sikap saling menghormati dan menjaga peradaban di arena NBA".

Memo yang dilayangkan NBA tersebut merupakan buntut dari insiden antara bintang Oklahoma City, Russel Westbrook dan pendukung Utah Jazz di Vivint Smart Home Arena di Salt Lake City Senin malam lalu.

Westbrook dan pendukung Utah, yang kemudian diketahui bernama Shane Keisel, saling melancarkan ucapan kasar.

Usai pertandingan, Westbrook mengatakan bahwa ia menjadi korban dari komentar yang tidak menghargai dan dianggap sebagai serangan rasial.

Akibat pertengkaran ucapan kasar tersebut, Westbrook pun diganjar hukuman denda sebesar 25.000 dolar AS oleh NBA karena kalimat bernada mengancam yang ia tujukan kepada Keisel.

Sementara Keisel juga dihukum tidak boleh menonton pertandingan yang berlangsung di arena tersebut.

Klub Utah Jazz mengatakan, mereka sudah melakukan penyelidikan menyeluruh melalui rekaman video serta para saksi dan sanksi tersebut Keisel tersebut dijatuhkan akibat ancaman verbal yang ditujukan kepada Westbrook dan melanggarkan kode etik NBA.

"Siapa pun berhak untuk mendapatkan kesempatan menikmati pertandingan dalam suasana positif dan aman," kata Presiden Utah Jazz, Steve Starks dalam sebuah pernyataan.

"Perilaku menyerang pihak lain tidak menggambarkan nilai-nilai yang ada pada keluarga (pemilik klub) Miller, organisasi dan masyarakat. Kita semua bertanggung jawab untuk menghormati pertandingan basket dan yang lebih penting lagi, menghormati sesama," katanya.

Baca juga: Lou Williams pimpin Clippers menang dari bangku cadangan

Baca juga: Lakers dikabarkan kontrak kembali Andre Ingram

Baca juga: Kalahkan 76ers, Rockets perpanjang kemenangan beruntun

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar