counter

Pejabat kesehatan: 20 orang tewas akibat gedung runtuh di Nigeria

Pejabat kesehatan: 20 orang tewas akibat gedung runtuh di Nigeria

Perempuan terlihat di belakang tempat menjual koran, setelah penundaan pemilihan presiden di Lagos, Nigeria, Sabtu (16/2/2019). (REUTERS/TEMILADE ADELAJA)

Lagos (ANTARA) - Sebanyak 20 orang tewas dan 45 lainnya selamat akibat gedung berlantai empat roboh pada Rabu di Lagos, ibu kota komersial Nigeria, kata komisaris kesehatan negara bagian pada Jumat.

Komisaris Jide Idris tidak memberikan rincian berapa banyak anak-anak yang termasuk korban tewas tetapi dia mengatakan 10 anak-anak dan empat orang dewasa masih mendapat perawatan medis.

Satu sekolah dasar berada di dalam gedung yang roboh itu.

"Sebanyak 20 jasad dibawa ke tempat-tempat penyimpanan mayat negara bagian Lagos dari tempat kejadian, 45 orang yang selamat mendapat perawatan dengan fasilitas pemerintah," kata Idris dalam satu pernyataan.

Gedung-gedung yang roboh terjadi beberapa kali di Nigeria, tempat peraturan diberlakukan sangat lemah dan bahan-bahan bangunan sering di bawah standar.

Para warga mengatakan sudah pernah terjadi sejumlah gedung roboh di kawasan itu selama beberapa tahun belakangan. Beberapa gedung dipandang oleh para pejabat pemerintah yang tak layak huni direnovasi oleh pemilik untuk disewakan, kata mereka.

Gubernur Lagos Akinwuni Ambode, yang mengunjungi tempat kejadian beberapa jam setelah gedung itu roboh, mengatakan sekolah tersebut telah didirikan secara ilegal dan gedung-gedung di kawasan tersebut sedang menjalani pengujian struktur sebelum peristiwa tersebut.
sumber: Reuters
Baca juga: Banyak orang termasuk anak-anak seolah, dikhawatirkan terperangkap dalam reruntuhan gedung di Nigeria
Baca juga: Delapan mayat ditemukan di bawah gedung runtuh di Italia

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Maria Dian A
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar