Paris (ANTARA) - Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Jumat (15/3), dengan indeks acuan CAC-40 di Paris naik 1,04 persen atau 55,54 poin, menjadi 5.405,32 poin.

Dari 40 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks CAC-40, tercatat 36 saham berhasil membukukan kenaikan harga.

Stmicroelectronics, sebuah perusahaan elektronik dan semikonduktor multinasional Prancis-Italia, melonjak 4,99 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips.

Diikuti oleh saham perusahaan jasa-jasa teknologi informasi Eropa Atos yang meningkat 3,25 persen, serta pemasok komponen otomotif global Prancis Valeo naik 2,98 persen.

Sementara itu, pengecer multinasional Prancis Carrefour mengalami kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya jatuh 1,28 persen

Disusul oleh saham perusahaan periklanan dan humas multinasional Prancis Publicis Groupe yang kehilangan 0,28 persen, serta perusahaan penyedia jasa-jasa industri minyak dan gas internasional Technipfmc melemah 0,15 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019