Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H Sutarmidji, Sabtu melakukan peninjauan lokasi persiapan untuk pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQ) Tingkat Nasional Tahun 2019 yang akan dipusatkan di Kota Pontianak.

Adapun rencana lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut akan dipusatkan di Alun-alun Kapuas dan Tugu Khatulistiwa, kata Sutarmidji yang didampingi panitia dari perwakilan Kementerian Agama.

Seperti diketahui, pelaksanaan STQ tingkat nasional akan dilangsungkan di Kota Pontianak pada akhir Juni atau awal Juli 2019. Terkait hal itu, Sutarmidji meminta mimbar lantunan ayat suci Al Quran tepat berada di titik garis Khatulistiwa.

"Nanti para peserta melantunkan ayat suci Al Quran selama satu minggu di titik nol derajat, itu akan kita jadikan ikon selama kegiatan berlangsung," katananya.

Dari hasil peninjauan, dirinya menambahkan bahwa kegiatan STQ tingkat nasional itu akan dilaksanakan di lima titik.

"Kegiatan STQ ada di Alun-alun Kapuas, Titik Nol derajat lintang utara dan selatan tugu khatulistiwa, Masjid Mujahidin, kompleks gedung Untan rektorat yang baru itu, dan IAIN. Nanti yang paling sensasional itu di titik nol derajat," tuturnya.

Kemudian ada beberapa bangunan yang direncanakan akan dibuat permanen, nantinya bangunan tersebut akan jadi simbol bahwa STQ tingkat Nasional digelar di Kalbar.

"Beberapa bangunan nanti akan dibuat secara permanen dan itu menjadi simbol, mengingat bahwa STQ tingkat nasional pernah ada di Kalbar. Persiapannya lancar dan sejauh ini tidak ada kendala," kata Sutarmidji.

Pewarta : Rendra Oxtora

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019