counter

Menko Kemaritiman paparkan pelaksanaan Sail Tidore

Menko Kemaritiman paparkan pelaksanaan Sail Tidore

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dan Walikota Tidore Ali Ibrahim memaparkan rencana pelaksanaan Sail Tidore, Maluku Utara (Malut) dan peringatan 500 tahun Pelayaran Magellan-Elcano yang akan berlangsung pada September 2021, di Ternate, Sabtu (16/3/2019). (Abdul Fatah)

Kami telah mengikuti presentasi Wali Kota Tidore Ali Ibrahim persiapan Sail Tidore dan 500 tahun, diselenggarakan pada September 2021 dan menjadi salah satu program nasional
Ternate (ANTARA) - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan rencana pelaksanaan Sail Tidore, Maluku Utara (Malut) dan peringatan 500 tahun Pelayaran Magellan-Elcano yang akan berlangsung  September 2021.

"Kami telah mengikuti presentasi Wali Kota Tidore Ali Ibrahim persiapan Sail Tidore dan 500 tahun, diselenggarakan pada September 2021 dan menjadi salah satu program nasional, sehingga pemerintah pusat akan digelar rapat terpadu dengan kementerian terkait membuat program berkelanjutan," kata Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan kunjungan kerjanya di Ternate, Sabtu.

Menurut Luhut, rencana Sail Morotai ini merupakan momentum penting dan strategis bagi Pemkot Tidore Kepulauan dalam rangka mengkonsolidasikan dan mendorong kerjasama program/kegiatan dan dukungan anggaran untuk percepatan pembangunan daerah dalam bidang sejarah, budaya, pariwisata, ilmu pengetahuan, teknologi, infrasrtuktur dan ekonomi sesuai visi-misi pemerintah daerah.

Oleh karena itu, kata Luhut, pihaknya telah mengantisipasi berbagai isu dan berita tidak benar mengenai kurangnya peningkatan ekonomi dan isu pemerintah banyak utang, membanjirnya Tenaga Kerja Asing (TKA) guna mengantisipasi adanya berita bohong.

Sehingga, pemerintah pusat saat ini fokus membangun sarana infrastruktur perekonomian dengan membangun bandara di wilayah Tidore Kepualaun dengan panjang 3000 meter dan kalau persoalan lahannya telah beres maka pembangunannya akan dimulai tahun depan.

Menko Kemaritiman juga menyinggung masalah kopra dan berbagai komoditi lainnya, sebab, masalah kopra akan membuat industri turunannya dan dalam beberapa bulan ke depan telah direalisasikan dan pembangunan keramba ikan serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Pulau Morotai.

Sementara itu, Wali Kota Tikep, Ali Ibrahim memaparkan persiapan Tikep dalam menghadapi Sail Tidore yang akan dilaksanakan tahun 2021.

"Selain kegiatan Sail Tidore 2021, Tidore juga merupakan anggota dari Global Network Magellan Cities (GNMC) atau Jaringan Global Kota-kota Magellan, yang pada Bulan Juli 2019, Tidore akan menjadi tuan rumah pertemuan GNMC ke 10," katanya.

Hal itu berarti pada bulan Juli nanti sebanyak 22 Walikota dari 13 Negara yang pernah disinggahi ekspedisi Magellan-Elcano saat melakukan pelayaran mengelilingi bumi.

Oleh karena itu, Pemkot Tidore seusai menyampaikan program Sail Tidore ke Menko Kemaritiman, pihanya telah berkonsultasi dengan Kementerian Luar Negeri, Gubernur Malut dan para Kepala Daerah se-Provinsi Malut untuk membentuk kepanitiaan bersama di tingkat Provinsi karena ini merupakan hajatan internasional yang harus dilaksanakan secara terkoordinasi.

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

LRT Cibubur - Cawang akan uji coba akhir Oktober

Komentar