Basarnas temukan nelayan Garut-Jabar terseret ombak sudah meninggal

Basarnas temukan nelayan Garut-Jabar terseret ombak sudah meninggal

Petugas mengevakuasi nelayan yang tewas tenggelam di laut Pantai Cipalawah, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (16/03/2019). (FOTO ANTARA/HO-Dokumen Basarnas)

Korban dievakuasi oleh tim SARgabungan, dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Cibalong, lalu dibawa ke rumah duka
Garut (ANTARA) - Seorang nelayan yang hilang terseret ombak di Pantai Cipalawah, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (14/3) berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia tidak jauh dari lokasi korban tenggelam, Sabtu siang.

Juru Bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor, saat dihubungi dari Garut mengatakan, korban bernama Mulyang (40) warga Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Garut, yang terseret ombak saat menyelam untuk mencari ikan.

"Setelah melakukan pencarian selama dua hari tim SAR Bandung akhirnya dapat menemukan korban," kata Joshua.

Ia menuturkan, tim gabungan dari Basarnas, kepolisian, TNI, nelayan dan sukarelawan melakukan pencarian dengan menyusuri pantai dan sekitar lokasi tenggelamnnya korban di Pantai Cipalawah, Desa Sancang, Kecamatan Cibalong.

Korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia itu, kata Joshua, sudah langsung dievakuasi ke Puskesmas Cibalong untuk selanjutnya diserahkan kepada keluarga korban.

"Korban dievakuasi oleh tim SAR gabungan, dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Cibalong, lalu dibawa ke rumah duka," kata Joshua.

Sebelumnya, korban yang sehari-harinya sebagai nelayan mencari ikan secara tradisional dengan menyelam pada kedalaman laut 4 meter.

Namun aktivitas korban tersebut diketahui saksi yang berada di sekitar kejadian tidak menemukan korban kembali ke permukaan laut.

Korban dilaporkan hilang akibat terseret arus ombak, masyarakat setempat, kepolisian dan unsur petugas lainnya melakukan pencarian dengan perlengkapan sederhana hingga akhirnya tim Basarnas turun dan berhasil menemukan korban.


Baca juga: Tiga nelayan hilang di laut Garut

Baca juga: Satu nelayan Garut yang hilang ditemukan di perairan Banten

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sempat ditangkap Malaysia, Bakamla jemput delapan nelayan Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar