Medan (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dirinya saat ini, juga mejadi orang Sumatera Utara, dan mengetahui dengan jelas adat-istiadat, serta budaya yang ada di daerah tersebut.

Hal itu, dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada acara Deklarasi Alumni Belusukan Jokowi-Ma'ruf Amin & Perguruan Tinggi se- Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut Jalan Pancing Medan, Sabtu sore.

Jokowi dikenal menjadi orang Sumut, karena anak menantunya bernama Bobby Nasution merupakan putra dari daerah tersebut.

"Sehubungan dengan itu, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019, Jokowi harus bisa menang di wilayah Sumut dan terpilih untuk kedua kalinya," ujarnya.

Ia menyebutkan, pada Pilpres tahun 2014, Jakowi hanya menang tipis di Daerah Sumut.

Diharapkan pada Pilpres 17 April 2019 ini, Jokowi harus bisa menang tebal di Sumut.

"Untuk bisa menang tebal pada Pilpres 2019 di Sumut, kita harus belusukan dan mendatangi warga yang berada di daerah pedesaan, serta yakinkan mereka bahwa pembangunan terus dilaksanakan," ucap Jokowi.

Pemantauan di lokasi Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, puluhan ribu warga memadati bangunan yang cukup mewah tersebut untuk bisa melihat secara langsung Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi serta menantunya Bobby Nasution.

Kemudian, Penyampaian Deklarasi Alumni Belusukan Jokowi-Ma'ruf Amin & Perguruan Tinggi se-Sumut mendukung Jokowi agar bisa terpilih kembali menjadi Presiden RI.

Selanjutnya, mantan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi memasangkan jaket Deklarasi Alumni Belusukan Jokowi-Ma'ruf Amin & Perguruan Tinggi se-Sumut kepada Presiden Joko Widodo.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan No urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Baca juga: Presiden blusukan di Pasar Petisah Kota Medan

Baca juga: Presiden minta kader AMPI jadi penggalang persatuan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019