Jakarta (ANTARA) - Aktris berdarah campuran Indonesia-Jepang, Yuki Kato, berbagi pengalamannya mengenai operasi mata Laser Asissted in Situ Keratomileusis (Lasik) di KMN EyeCare yang ia jalani pada Februari lalu.

"Saya di sini cuma berbagi pengalaman saya saat sebelum proses Lasik dan saat di Lasiknya dan sekarang setelah Lasik gitu, pokoknya hari ini saya berbagi pengalaman tentang seputar Lasik lah," ujar Yuki Kato di Jakarta, Sabtu.

Lasik merupakan operasi mata atau koreksi penglihatan dengan menggunakan teknologi laser. Ini merupakan jenis operasi refraktif untuk koreksi miopia, hiperopia, dan astigmatisme.

Seperti kebanyakan orang, aktris yang sekaligus pembaca acara ini sempat bingung dan takut untuk menjalani operasi Lasik.

"Awalnya saya ketakutan dan saya bertanya dengan Kevin Julio gimana Lasik itu. Kebetulan dia memang sudah lebih dahulu daripada saya dan karena memang dia yang sebenarnya menyuruh saya untuk Lasik," katanya.

Sebelum memutuskan untuk menjalani Lasik, ia mengaku merasa capek menggunakan lensa kontak dan kacamata sehari-hari. Ia pun sangat ingin lepas dari itu.

"Saya adalah orang yang gemar menggunakan softlens, sudah softlens dari mana-mana sudah pernah saya coba. Makin lama saya capek memakai softlens dan kacamata dalam keseharian saya," tambahnya.

Tidak lama setelah itu, Kato pun memeriksakan matanya untuk memastikan apakah layak untuk dioperasi Lasik atau tidak, karena seperti dikatakan Dr Annette Mariza tidak semua mata bisa dioperasi Lasik.

"Karena tidak semua langsung kita ambil tindakan untuk Lasik, kalau memang belum memenuhi syarat seperti umur yang tidak cukup, maka tidak akan kami lakukan Lasik tersebut," ujar Annette Mariza.

Yuki juga sempat kaget setelah memeriksakan matanya, ia ternyata tidak hanya menderita minus tapi juga silinder.

"Setelah diperiksa ternyata minus saya hanya 3.25 dari sebelumnya 3.75 dan yang membuat saya terkejut itu ada silinder, silinder 1 di kiri, 0.25 di kanan. Walau itu tidak membatalkan saya untuk di-Lasik," tegasnya.

Setelah melalui berbagai tes pada mata kita, proses Lasik pun dilakukan dengan waktu yang singkat. Pascaoperasi Lasik pada minggu pertama pasien butuh perawatan khusus, seperti jangan kena air, tidak gunakan make up di daerah mata, dan rajin menggunakan obat tetes.

Baca juga: Bagi Yuki Kato kesehatan adalah nomor satu

Baca juga: Yuki Kato ajak sosialisasikan vaksin HPV

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019