Jakarta (ANTARA) - National Geographic telah menyelesaikan laporan investigasinya tentang tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh ahli astrofisika Neil deGrasse Tyson, dan akan melanjutkan dua acara yang melibatkan dirinya, "Star Talk" dan "Cosmos: Possible Worlds", demikian The Verge melansir Entertainment Weekly, Sabtu.

Menurut EW, National Geographic tidak mengungkapkan temuan investigasinya, hanya menyimpulkan. The Verge telah menghubungi National Geographic untuk meminta komentar namun belum ada tanggapan.

Pada tahun 2017 dan 2018, Tiga wanita mengklaim dilecehkan secara seksual, salah satunya mengatakan bahwa Neil deGrasse Tyson memperkosanya ketika mereka bersama-sama di sekolah pascasarjana pada 1980-an.

Menyusul tuduhan itu, National Geographic dan Fox meluncurkan investigasi, dan Tyson mengeluarkan pernyataan di mana ia menyajikan sisi ceritanya, dan bahwa ia akan bekerja sama dengan penyelidikan.

Tuduhan muncul di tengah-tengah maraknya kekerasan seksual dan perilaku salah dalam industri hiburan, yang melihat kejatuhan tokoh-tokoh utama, termasuk produser Harvey Weinstein, dan aktor Kevin Spacey.

Fox menayangkan "Cosmos: A Spacetime Odyssey", yang didasarkan pada seri Carl Sagan 1980, pada 2014, dan memperbarui seri itu tahun lalu untuk musim kedua, "Possible Worlds".

Namun sementara penyelidikan sedang berlangsung, jaringan menunda "Cosmos" dan "Star Talk". Kini, setelah investigasi selesai, EW mengatakan bahwa "Star Talk" akan kembali bulan depan, sementara tanggal penayangan "Cosmos" belum ditetapkan.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019