Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol larut dicetak gelandang serang Marco Reus pada masa injury time laga pekan ke-26 Liga Jerman, memastikan kemenangan Borussia Dortmund atas tuan rumah Hertha Berlin dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, Minggu dini hari WIB.

Hasil itu sekaligus menjaga asa Dortmund dalam perburuan gelar juara musim ini, lantaran kini mereka naik kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 60 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Kendati demikian, posisi mereka hanya unggul tiga poin dari juara bertahan Bayern Muenchen (57) yang sementara turun ke peringkat kedua namun dipastikan akan kembali ke puncak jika menang melawan tamunya FSV Mainz pada Senin (18/3) dini hari WIB.

Sebab Muenchen masih memiliki keunggulan selisih gol dibandingkan Dortmund, jika kedua tim memiliki raihan poin yang sama.

Gol Reus, menjadi penuntas kebangkitan Dortmund yang sempat tertinggal lebih dulu akibat dwigol Salomon Kalou untuk Hertha.

Gol penyama kedudukan yang dicetak Thomas Delaney dan Dan-Axel Zagadou bertahan sedemikian lama hingga Dortmund hampir saja dipaksa pulang dengan satu poin di tangan.

Beruntung umpan kiriman Jadon Sancho berhasil diselesaikan dengan baik oleh Reus di tengah kotak penalti untuk menaklukkan kiper Rune Jarstein pada masa injury time, tepatnya pada menit ke-92.

Ironisnya, gol Reus bukanlah insiden puncak drama pertandingan tersebut, lantaran dua menit kemudian penyerang Hertha Vedad Ibisevic diganjar kartu merah oleh wasit Tobias Welz karena tindakan tak terpuji.

Dengan demikian, Hertha harus menyelesaikan pertandingan dengan hanya sembilan pemain di atas lapangan karena lima menit jelang waktu normal berakhir bek Jordan Torunarigha sudah lebih dulu diusir wasit Welz karena kartu kuning keduanya selepas menjatuhkan Achraf Hakimi.

Susunan pemain:

Hertha Berlin (3-4-1-2): Rune Jarstein; Niklas Stark, Karim Rekik, Jordan Torunarigha; Valentino Lazaro, Arne Maier, Marko Grujic, Maximilian Mittelstaadt; Ondrej Duda (Fabian Lustenberger); Salomon Kalou (Vedad Ibisevic), Davie Selke (Mathew Leckie)
Pelatih: Pal Dardai

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki; Marius Wolf (Achraf Hakimi), Manuel Akanji, Dan-Axel Zagadou, Abodu Diallo; Julian Weigl, Thomas Delaney; Christian Pulisic, Marco Reus, Jadon Sancho (Omer Toprak); Jacob Bruun Larsen (Raphael Guerreiro)
Pelatih: Lucien Favre

Baca juga: Laga perdana Huub Stevens, Schalke dipecundangi Leipzig di kandang
Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Jerman, Muenchen gusur Dortmund dari puncak
Baca juga: Dortmund menang, tapi harus rela turun dari pucuk klasemen

 

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019